Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarHardiknas, 53 Pelajar Mahasiswa Berpidato Bahasa Inggris

Hardiknas, 53 Pelajar Mahasiswa Berpidato Bahasa Inggris

LOMBA-pidatoJATINANGOR – Sebanyak 53 mahasiswa dan pelajar se-Kabupaten Sumedang dan Bandung mengikuti kontes pidato berbahasa Inggris dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di Kampus Institut Koperasi Indonesia (Ikopin) Jatinangor, Sumedang, Senin (2/5/16).

Ketua Pelaksana English Speech Contest, Agung Ismoyo mengatakan, peserta yang ikut kontes terdiri dari 24 mahasiswa dari perguruan tinggi di Sumedang, kemudian ITB, UPI dan UIN Bandung, serta 29 siswa SMA sederajat.

“Kami menggelar kegiatan ini dalam rangkaian memperingati Hari Pendidikan yang juga hari jadinya Ikopin ke-34,” kata Agung.

Ia menerangkan kegiatan dengan juri dari beberapa perguruan tinggi bahasa itu sebagai upaya melatih dan mengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiwa dan pelajar SMA. Menurutnya kontes tersebut akan mampu membangun kepercayaan diri pelajar dan mahasiswa dalam berbahasa Inggris.

“Selama ini kan mereka belajar di kelas. Nah, di sini mereka bisa mengukur tingkat kemampuannya berbahasa Inggris,” kata dia.

Agung menambahkan kemampuan bahasa asing khususnya Inggris sudah menjadi keharusan dalam menghadapi kebutuhan global. “Jadi kita harus berpikir global, bahasa itu harus jadi kebutuhan,” ujarnya.

Kontes bahasa Inggris itu akan menjaring 10 besar kemudian dikonteskan kembali untuk menentukan juara 1, 2 dan 3. Mereka yang jadi juara untuk tingkat SMA akan mendapatkan piala, uang dan potongan biaya masuk perguruan tinggi Ikopin sebesar Rp2 juta, sedangkan peserta tingkat mahasiswa mendapatkan piala, dan uang.

Wakil Rektor Ikopin Yuanita Indriani menambahkan kontes bahasa Inggris tersebut hanya salah satu dari berbagai banyak kegiatan yang dilaksanakan Ikopin. Yuanita menyebutkan kegiatan dalam rangka hari jadi Ikopin antara lain ada seminar kewirausahaan, kegiatan mahasiswa mendaki tiga gunung, kemudian pertandingan sepak bola antar mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Barat.

“Ikopin butuh mahaiswa yang bertalenta, dan mahasiswa yang berprestasi, kami sediakan beasiswa, kemudian dalam bentuk thropi rektor,” kata Yuanita. [mpur]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI