Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale CimahiNih, 3 Komponen Kemampuan yang Harus Dimiliki Anak Indonesia

Nih, 3 Komponen Kemampuan yang Harus Dimiliki Anak Indonesia

ilustrasi Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat menyerahkan piala lomba antar pelajar.
ilustrasi Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat menyerahkan piala lomba antar pelajar.

CIMAHI – Wali Kota Cimahi Atty Suharti dalam amanatnya menyampaikan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tahun sebagai hari kesadaran akan pentingnya kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia.

“Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan berhasil dalam kompetisi global, apabila memiliki kualitas sumber daya manusia yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci dari kemajuan bangsa,” kata Atty saat upacara Peringatan Hardiknas di Lapangan Apel, Komp. Perkantoran Pemkot Cimahi,Senin (2/5/16).

Walikota juga menyampaikan pentingnya mutu dan jenjang pendidikan dalam memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk dapat maju dan sejahtera. Oleh karena itu, dengan memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya, maka sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

Menurut Atty, ada tiga komponen kemampuan yang harus dimiliki dan selalu ditingkatkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini, antara lain; kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Kualitas karakter terdiri dari dua bagian, pertama, karakter moral, seperti nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, integritas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, dan sopan santun.

Kedua, karakter kinerja antara lain kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Karakter moral dan karakter kinerja perlu ditumbuhkan secara seimbang sehingga anak indonesia mampu beradaptasi menghadapi perubahan lingkungan yang sangat cepat.

“Literasi dasar menjadi komponen kemampuan abad 21 yang perlu kita perhatikan. Literasi dasar, yang selama ini lebih fokus kepada kemampuan baca-tulis dan berhitung, perlu ditingkatkan menjadi literasi sains, literasi teknologi, literasi finansial dan literasi budaya,” sebut Atty. Dengan memiliki literasi ini, imbuh Atty, anak Indonesia akan mampu mendapatkan ilmu dan kemampuan yang tinggi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kemampuan kompetensi anak seperti kemampuan berkreatifitas, berpikir kritis, berkomunikasi dan berkolaborasi perlu selalu ditingkatkan untuk dapat menjawab permasalahan yang semakin kompleks.

“Dengan meningkatkan tiga kopmponen kemampuan tersebut, diharapkan anak anak indonesia dapat menjawab berbagai tantangan yang akan dihadapi di era persaingan global yang sangat kompetitif ini,” kata Atty.

Ia pun berpesan kepada peserta upacara untuk dapat menyapa, mengucapkan terimakasih, dan dan mengapresiasi para guru/pendidik yang telah mengajar kita. Upacara diikuti oleh para guru, siswa dan mahasiswa se-Kota Cimahi. Dalam Hardiknas bertema ‘Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita” ini Walikota Cimahi bertindak selaku pemimpin upacara.

Peringatan Hardiknas dilaksanakan serempak se-Indonesia dalam upaya menjaga kebersamaan dan komitmen seluruh komponen bangsa dalam mensukseskan program pendidikan nasional .

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI