Bale Kota BandungHumanioraLingkungan

Jabar Bentuk Samsat Lingkungan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan beri pengarahan Lingkungan Terpadu Provinsi Jabar di Aula Graha Tirta Kodam III/Siliwangi, Rabu (31/8). by Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan beri pengarahan Lingkungan Terpadu Provinsi Jabar di Aula Graha Tirta Kodam III/Siliwangi, Rabu (31/8). by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengaku pihaknya melalui Satgas Penegakan Hukum Lingkungan Terpadu (PHLT) sudah mendatangi berbagai perusahaan di sekitar Citarum untuk memeriksa kelayakan Instalansi Pengolahan Limbah (Ipal) dari setiap perusahaan. Hasilnya, perusahaan yang menerapkan Ipalnya dengan baik, bisa dihitung dengan jari.

“Dari ratusan perusahaan yang mengolah limbah dengan baik dan setengah baik itu jari saya tidak habis untuk menghitungnya, saking jarangnya perusahaan yang mengelola limbah dengan baik. Padahal mereka ketika diberi izin untuk mendirikan perusahaan pasti mereka juga diperintahkan untuk membuat Ipalnya dengan baik,” ungkap Aher usai sosialisasi Gerakan Citarum Bestari di Aula Graha Tirta, Jl. Lombok Kota Bandung, Kamis (31/8/16).

Untuk menangani hal tersebut, Pemprov Jabar pun akan membentuk Samsat. Samsat ini terdiri dari unsur pemerintah (provinsi dan kabupaten/kota), kepolisian, kejaksaan, unsur TNI, serta unsur perusahaan atau asosiasi perusahaan. Samsat ini akan bertugas untuk menyelesaikan permasalah perusahaan terkait pengelolaan limbah ataupun kegiatan perusahaan yang berdampak pada pencemaran lingkungan.

“Melalui Samsat ini nanti akan kita panggil satu-satu perusahaannya yang orientasinya penyelesaian. Mari kita lakukan pembangunan dengan berorientasi pada pelestarian lingkungan, karena tak ada satupun pasokan kehidupan kita yang tidak berasal dari alam. Hiduplah tanpa membunuh kehidupan dan sejahterlah tanpa menyengsarankan orang,” pungkasnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close