Bale Jabar

Kakesdam III/Siliwangi Sosialisasi Cegah Virus Corona

Kakesdam III/Siliwangi Kolonel Ckm dr. Purwo Setyanto saat sosialisasi Virus Coron di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Bandung, Senin (9/3). by Pendam Slw

BANDUNG, Balebandung.com – Kakesdam III/Siliwangi Kolonel Ckm dr. Purwo Setyanto memberikan sosialisasi tentang Virus Corona atau Covid 19, di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Bandung, Senin (9/3/20).

Kakesdam III/Siliwangi didampingi perawat dari Rumkit Sariningsih mengingatkan pentingnya cuci tangan yang benar. “Kelihatannya sepele, namun kunci dari pencegahan penyakit ini adalah cuci tangan,” ujar Kakesdam.

Menurutnya, Corona adalah jenis virus influenza biasa. Tapi sifat dari virus ini selalu bermutasi atau berubah sikap. “Saya yakin yang terpapar virus corona ini bisa disembuhkan. Saat ini angka kematian dari corona antara 3 sampai 4 persen di negara asalnya di Kota Wuhan Cina,” ungkap Kakesdam. Sementara di luar Cina hanya 1 persen.

“Itu artinya masih 96 persen lebih pasien ini bisa disembuhkan, sehingga kita jangan panik dan jangan bingung,” kata Kol Ckm dr Purwo Setyanto. Perlu dicatat pula, kata Kol Ckm dr Purwo, sampai saat ini belum ada pasien yang positif corona sampai meninggal dunia.

“Bahkan laporan dari Menteri Kesehatan yang disampaikan oleh juru bicara Pemerintah dalam hal virus corona dr. Ana Yulianto, ada enam orang positif corona di Indonesia, tapi alhamdulillah kondisinya membaik,” kata dia.

Kol Ckm dr Purwo juga menerangkan bagaimana penularan corona. Antara lain melalui kontak langsung terhadap pasien yang bersin-bersin, batuk-batuk, jarak yang aman untuk pencegahan adalah dua meter dari pasien.

Kemudian cara masuk virus ini lewat mata, lewat hidung dan lewat mulut. Untuk penggunaan masker digunakan hanya kepada orang yang sakit dan orang sehat yang merawat seperti dokter dan perawat.

“Kuncinya adalah cuci tangan. Sedangkan pencegahan selanjutnya pertahankan badan dalam kondisi fit, makan cukup sehat bergizi dan minum cukup,” tandas dr Purwo.

Selanjutnya Tim dari Rumkit Sariningsih memperagakan cara cuci tangan yang baik dan benar. Gunakan sabun yang pertama telapak tangan, kedua punggung tangan, ketiga selah-selah jari. Selanjutnya cuci sendi jangan lupa ibu jari tangan dan jangan ketinggalan kuku dibersihkan. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close