Bale Kab Bandung

Kang DS Apresiasi Industri Kreatif Yayasan Rumah Bedas

Bupati Bandung terpilih HM. Dadang Supriatna mengunjungi Yayasan Rumah Bedas di Kec Cikancung, Kab Bandung, (Jumat/8/2021) sore. by bbcom

CIKANCUNG, Balebandung.com – Bupati Bandung terpilih HM. Dadang Supriatna mengunjungi Yayasan Rumah Bedas di Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, (Jumat/8/2021) sore. Bupati Bandung terpilih sangat mengapresiasi kreativitas masyarakat yang mengembangkan usaha dalam bidang industri kreatif ini.

Dadang Supriatna melihat langsung berbagai jenis produk yang dikembangkan masyarakat di yayasan tersebut. Mulai dari produk kerajinan kaligrafi, furnitur, wayang golek, produksi kopi kemasan. Berbagai jenis produk makanan yang merupakan hasil bumi yang sudah dikemas, makanan kue, tas, perkakas dapur yang terbuat dari bambu dan kayu, dan berbagai kerajinan lainnya yang saat ini sedang dikembangkan masyarakat sekitar.

Dadang mengatakan, berbagai jenis kreativitas (ekonomi) yang dikembangkan masyarakat di lingkungan Yayasan Rumah Bedas itu merupakan bagian dari industri kreatif.

“Apa yang dikembangkan mereka itu selaras dengan visi dan misi saya, yaitu ada tiga (industri pariwisata, industri pertanian dan industri kreatif). Masyarakat yang ada di Kecamatan Cikancung ini, sudah lebih awal mengembangkan industri kreatif,” kata Kang DS, sapaan Dadang Supriatna, di hadapan masyarakat yang ada di yayasan tersebut.

Kang DS pun memberikan semangat kepada masyarakat yang sudah memiliki kemauan untuk mengembangkan industri kreatif dalam upaya meningkatkan ekonomi. Bahkan, ia menyatakan, setelah dilantik menjadi Bupati Bandung akan fokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Di antaranya, setiap RW di Kabupaten Bandung akan mendapatkan bantuan Rp 100 juta.

“Dari Rp 100 juta per RW itu, sebesar Rp 60 juta untuk pengembangan atau penguatan ekonomi masyarakat. Setiap orang bisa mendapatkan bantuan bergulir Rp 2 juta untuk modal usaha. Sedangkan Rp 40 juta untuk pembangunan infrastruktur di tingkat RW,” kata dia.

Kang DS meyakini dengan anggaran sebesar Rp 60 juta per RW untuk pengembangan industri kreatif, satu RW bisa menciptakan 30 lapangan kerja baru karena masing-masing personal mendapatkan bantuan sebesar Rp 2 juta.

“Kalau dihitung dari sekian ribu RW yang ada di Kabupaten Bandung, kita meyakini dengan adanya program ini bisa menciptakan 125.000 sampai 130.000 lapangan kerja baru. Dengan adanya bantuan modal usaha ini bisa mendongkrak IPM (indeks pembangunan manusia),” papar Bupati Bandung terpilih.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close