Bale JabarHankam

Kasad Buka Apel Danrem Dandim Terpusat di Pussenif Bandung

Kasad Jenderal TNI Mulyono menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 6.5 miliar untuk korban bencana gempa dan tsunami Sulteng, kepada Danrem 132/Tadulaku Kolonel Inf Agus Sasmita saat Apel Danrem Dandim Terpusat tahun 2018 di Aula Yudha Wastu Pramuka Pussenif Kodiklatad Bandung, Senin (26/11/18). by Pendam Slw

BANDUNG – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono membuka Apel Danrem Dandim Terpusat tahun 2018 di Aula Yudha Wastu Pramuka Pussenif Kodiklatad Bandung, Senin (26/11/18).

Apel diawali dengan laporan Ketua Pelaksana Kolonel Inf Abdurahman, yang dilanjutkan dengan pernyataan pembukaan resmi oleh Jenderal TNI Mulyono dengan pengetokan palu, kemudian laporan perwakilan peserta yang ditandai dengan penyematan tanda peserta.

“Tugas pokok TNI AD tidak terlepas dari dinamika perkembangan lingkungan strategis baik dalam lingkup global, regional maupun nasional,” kata Kasad membuka paparan.

Di tengah dinamika situasi keamanan itulah, imbuh Kasad, Satkowil di seluruh wilayah Indonesia tetap dituntut untuk melaksanakan tugas yang semakin besar khususnya dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Menurutnya tuntutan tugas semakin menantang dengan semakin dekatnya penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019. TNI dituntut harus membuktikan komitmen netralitas TNI terhadap politik praktis, sebagai konsekuensi logis dari kodrat TNI untuk bekerja tidak berdasarkan kepentingan golongan, namun demi bangsa dan negara.

“TNI adalah milik nasional yang berdiri di atas semua golongan dan tidak terkotak-kotak oleh kepentingan politik yang sempit,” tandas Kasad.

Apel Danrem Dandim terpusat tahun 2018 mengusung tema ” Meningkatkan Profesionalisme Aparat Komando Kewilayahan Untuk Menyukseskan Pemilu Tahun 2019 “.

Kasad mengajak semua komponen untuk berkomitmen mewujudkan Pemilu yang aman, bebas dari kerusuhan, demonstrasi, unjuk rasa maupun konflik sosial yang mengarah pada aksi-aksi anarkis yang dapat membahayakan stabilitas keamanan nasional.

Apel Danrem Dandim terpusat diikuti 430 orang peserta, selain sebagai wadah silaturahmi, juga berguna untuk memantapkan pahaman, penajaman pola pikir, koordinasi maupun penjabaran atas kebijakan Pimpinan TNI AD sekaligus evaluasi atas tindak lanjut permasalahan pembinaan teritorial di wilayahnya untuk mendukung tugas pokok TNI AD.

Selain itu, Apel Danrem Dandim terpusat sebagai media untuk menyamakan persepsi, pola sikap, pola tindak Aparat Komando Kewilayahan dalam meningkatkan kualitas Binter TNI AD. Dengan mempedomani kebijakan pimpinan TNI, maupun TNI AD di bidang teritorial dengan mencermati perkembangan lingkungan strategis guna mendukung penyelenggaraan agenda politik nasional pada tahun 2019 agar berjalan dengan aman, damai dan lancar.

Selanjutnya Kasad menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba karya tulis teritorial 2018 dengan katagori Essay.

Juara 1 Letkol Kav Suteja, S.H, M.SI Dandim 1602/Ende Korem 161/Wira Sakti Kodam IX/Udayana; Juara 2 Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H, PG.Dipl Ajudan Wakil Presiden RI (Mantan Dandim 0501/Jakarta Pusat Kodam Jaya, Juara 3 Kolonel Inf Boemi Ario, S.E Kabidjaminmutudik Sdirbindik Seskoad.

Sedangkan katagori Karmil Juara 1 Kapten Inf Th. Yosi Wibowo Kristianto Danklas Sustihto Seko Pusdiklatpasus, Juara 2 Lettu Inf Andito Sabhara, S.I.P Dankioan-Ato Seko Pusdiklatpasus, Juara 2 Lettu Inf Andito Sabhara, S.I.P Dankioan-A Yonif Para Raider 432 Brigif 3 Divisi 3 Kostrad; dan Juara 3 Letda Chb (K) Eka Indri Widiarti, S.Tr (Han) Danton-2 Kipernika Yonhub Dithubad.

Selain itu Kasad menyerahkan bantuan uang sebesar Rp 6.5 miliar dari sumbangan seluruh prajurit dan Persit KCK untuk korban bencana khusus prajurit kepada Danrem 132/Tadulaku Kolonel Inf Agus Sasmita.***

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close