Bale JabarHumanioraPendidikan

KBB Masih Kekurangan Guru PNS

Para PNS di Pemda KBB. ist
Para PNS di Pemda KBB. ist

NGAMPRAH – Guru PNS di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sangat minim. Akibatnya banyak sekolah khususnya SD dan SMP yang diisi oleh guru honorer.

Kepala Dinas Pendidikan KBB Imam Santoso mengatakan, saat ini KBB masih kekurangan sekitar 3.500 guru PNS. Jumlah itu berpotensi terus bertambah mengingat banyak guru yang akan memasuki masa pensiun.

“Kesulitan kami untuk menutup kekurangam guru PNS itu karena masih berlakunya moratorium penerimaan CPNS,” ungkap Kadisdik di Ngamprah, Kamis (17/8/17).

Imam menyebutkan saat ini jumlah guru ASN di SD dan SMP ada sekitar 6.000 orang. Mereka tersebar di 703 SD dan 165 SMP. Melihat kondisi itu, maka rata-rata kekurangan guru ASN di tiap sekolah bisa mencapai 10 orang.

Kekurangan guru ASN di setiap sekolah saat ini ditangani oleh guru honorer. Jumlah guru honorer sekitar 30% dari total guru di KBB yang mencapai lebih dari 10.000 orang.

Kendati begitu kegiatan belajar mengajar masih berjalan dengan baik karena para honorer masih bisa menjalankan tugasnya.

“Kami berharap para honorer ini segera bisa menjadi ASN, sebab ada yang sudah bekerja sampai 10 tahun bahkan lebih,” imbuhnya. (dul)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close