Bale Kota BandungHankam

Kodam III Siagakan 1.134 Personil Tertibkan KPAD Gerlong

Kodam III/Slw dipimpin Aslog Kasdam III/Slw Kol Inf Herlan selaku Komandan Satgas Penertiban saat apel siaga pengecekan kesiapan akhir dalam pelaksanaan penertiban rumDIS KPAD Gegerkalong, Senin (25/7). by Pendam III/Slw
Kodam III/Slw dipimpin Aslog Kasdam III/Slw Kol Inf Herlan selaku Komandan Satgas Penertiban saat apel siaga pengecekan kesiapan akhir dalam pelaksanaan penertiban rumDIS KPAD Gegerkalong, Senin (25/7). by Pendam III/Slw

BANDUNG – Kodam III/Siliwangi gelar apel siaga pengecekan kesiapan akhir dalam pelaksanaan penertiban rumah dinas KPAD Gegerkalong, Senin (25/7/16). Pada apel kesiapan akhir ini Kodam menyiagakan 1.134 personil dengan tugas yang telah dibagi kepada kelompok-kelompok tugas lainnya.

Asisten Logistik Kasdam III/Slw Kolonel Inf Herlan selaku Komandan Satgas Penertiban Rumdis KPAD Gerlong mengatakan penertiban ini dilakukan sudah sesuai dengan hukum dan ketentuan yang berlaku.

“Jadi seluruh prajurit yang tergabung dalam satgas ini jangan ragu-ragu dalam melakasanakan tugasnya karena yang kita lakukan ini untuk kepentingan negara yaitu TNI AD, bukan kepentingan pribadi,” tandas Aslog Kasdam III/Slw Kol Inf Herlan di Makodam III/Slw, Senin (25/7/16).

Aslog menjelaskan kegiatan penertiban ini dilakukan sesuai dengan pedoman dan petunjuk yang dimiliki. “Kami mempunyai pedoman dan petunjuk yang sah. Sesuai petunjuk pimpinan, pimpinan yang menentuka,n yang penting kami siap. Tapi sudah saya sampaikan, mulai detik ini kami siap apakah sore, siang, subuh, kami siap. Penertiban pasti dilaksanakan, terakhir data kami ada 38 rumah dan mudah-mudahan seiring berjalannya waktu masih ada yang meng-over-kan dan berjalan dengan baik,” imbuh Aslog.

Pihak Kodam sendiri menurutnya akan menyiapkan sejumlah peralatan dan kendaraan. “Alat berat juga kami siapkan. Seba kami minta mereka kosongkan, tentunya kami siapkan kendaraan,” ujarnya.

Aslog berjanji jika dalam penertiban rumah dinas tersebut, akan menjunjung tinggi HAM. “Kita akan lakukan pendekatan humanis. Aturan HAM dan ketentuan yang berlaku kita laksanakan. Kami tidak mengenal kekerasan,” tandas Aslog.

Kapendam III/Slw Letkol Arh MD. Ariyanto menambahkan kendaraan yang disiapkan bukan untuk tindakan represif, tapi untuk berjaga-jaga bila sewaktu-waktu diperlukan. Dalam pelaksanaanya nanti Kodam III/Slw tetap mengedepankan cara humanis atau kemanusiaan bagi yang tidak punyak rumah bakal disiapkan rumah kontrakan dan bagi yang sudah punya rumah barang-barangnya akan diantar sampai ke tempat tujuan.

Menurutnya yang berhak menempati rumah dinas itu adalah prajurit aktif, purnawirawan dan warakawuri. Selain itu tidak ada hak untuk menempati rumah dinas KPAD Gerlong. “Harapan kita semua semoga penertiban ini dapat berjalan dengan kondusif karena yang kita hadapi ini adalah saudara-saudara kita juga. Kami akan patuhi dan junjung tinggi HAM, kami juga meminta agar warga dengan ikhlas dan rela mengosongkan rumah yang bukan haknya,” ucap Kapendam.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close