Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale KBBLahannya Dipakai PLTA Upper Cisokan, 1.485 KK di KBB Dipindahkan

Lahannya Dipakai PLTA Upper Cisokan, 1.485 KK di KBB Dipindahkan

PLTA
PLTA

NGAMPRAH – Tiga lokasi dipilih menjadi lokasi baru bagi ratusan warga terdampak pembangunan proyek PLTA Upper Cisokan di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Lokasi baru itu adalah di Kampung Cangkuang Desa  Bojongsalam, Kampung Babakan Desa  Cicadas, dan Pasir Laja Desa Sukaresmi.

Kabag Pembangunan Setda Kabupaten Bandung Barat Hendra Trismayadi mengatakan ada sebanyak 1.485 kepala keluarga (KK) warga Kecamatan Rongga yang sudah mulai pindah pindah ke tiga lokasi baru tersebut sejak Januari 2016. “Awalnya ada beberapa lokasi yang diusulkan namun akhirnya tiga lokasi itu yang disetujui dan warga juga tidak keberatan untuk pindah ke sana,” terang Hendra.

Menurutnya tiga lokasi itu menjadi lokasi paling ideal untuk dijadikan peemukiman bagi warga yang terkena dampak proyek PLTA ini. Sebab setelah dilakukan pengkajian daerah-daerah itu termasuk aman dari aspek keamanan dan juga dari potensi bencananya.

Dia menyebutkan, biaya pemindahan tahap pertama warga telah diserahkan kepada 205 KK warga Desa Cibitung, dan 206 KK warga Desa Sukaresmi. Bantuan juga diberikana kepada 152 KK warda Desa Cicadas dan 217 warga Desa Bojongsalam.

“Biaya pemindahan warga itu sepenuhnya ditanggung oleh PT PLN (persero) JBT 1 yang penyerahannya sendiri telah dilaksanakan pada 19 dan 20 April 2016, yakni sebesar Rp 1 juta/kk untuk biaya pindah dan Rp 1,5 juta – Rp 2 juta bagi yang memiliki bangunan,” sebutnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI