Bale Kab Bandung

Masjid Berusia 90 Tahun Ini Direnovasi Secara Swadaya

Bupati Bandung terpilih HM. Dadang Supriatna di sela peletakan batu pertama renovasi dan perluasan Masjid Darussalam di Jalan Raya Sapan Kampung Singalaya RT 02/RW 11, Desa Rancakasumba, Kec Solokanjeruk, Kab Bandung, Rabu (6/12/2021).

SOLOKANJERUK, Balebandung.com – Bupati Bandung terpilih HM. Dadang Supriatna melakukan peletakan batu pertama renovasi dan perluasan Masjid Darussalam di Jalan Raya Sapan Kampung Singalaya RT 02/RW 11, Desa Rancakasumba, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung, Rabu (6/12/2021).

Bupati Bandung terpilih mengapresiasi renovasi masjid tersebut karena dananya bersumber dari swadaya masyarakat setempat dan para donatur. Terlebih lagi masjid tersebut sudah berdiri sejak 1930. Renovasi terakhir dilakukan tahun 1991 silam.

Dadang Supriatna sendiri mengakui masjid itu sudah ada saat dirinya masih duduk di skeolah dasar. Dadang pun turut membantu dalam bentuk pemenuhan kebutuhan bata merahnya, hingga tuntas pembangunan masjid tertua di Desa Rancakasumba itu.

“Kita bantu kebutuhan pengadaan bata merahnya sampai selesai pembangunan Masjid Darussalam ini. Renovasi pembangunan masjid ini akan terus kita support .  Insya Allah dengan kewenangan dan kebijakan nanti, kita bisa membantu untuk kelangsungan penyelesaian masjid,” ungkap Dadang.

Untuk saat ini, Kang DS mengaku ia pun tak bisa berbuat banyak karena belum dilantik sebagai Bupati Bandung. Kang DS hanya memberikan bantuan secara pribadi untuk meringankan beban biasa dalam proses renovasi dan perluasan masjid tersebut.

“Saya nitip dalam pelaksanaan renovasi perluasan Masjid Darussalam ini, jangan ada kencleng di depan atau di jalan raya. Ajak umat untuk melakukan sodakoh. Dengan edukasi dan pendidikan, umat Islam ketika diajak akan membantu. Saya yakin dengan kebersamaan dan kekompakan bisa terwujud renovasi perluasan masjid ini,” pesan Kang DS.

Ia pun akan terus memantau perkembangan renovasi masjid itu. Pihak panitia dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Darussalam agar menginformasikan perkembangan masjid kepada dirinya setiap minggunya.

“Sehingga diharapkan, dalam waktu yang singkat dan kekompakan masyarakat, renovasi perluasan masjid segera terwujud,” ucapnya.

Kang DS berharap dengan adanya renovasi masjid ini, dapat mendorong umat Islam untuk memakmurkan masjid, khususnya untuk pendidikan agama. Apalagi ia sesuai dengan janji politiknya pada visi misinya akan memberikan uang insentif kepada para guru ngaji di Kabupaten Bandung.

“Kini kita harus melakukan perubahan. Selama masyarakat membutuhkan kita harus bisa tampil. Dengan slogan Bandung Bedas untuk kemaslahatan umat,” kata Bupati Bandung terpilih.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close