Rabu, Mei 29, 2024
BerandaBale BandungMasyarakat Kab Bandung Bisa Nikmati Pustaka Digital

Masyarakat Kab Bandung Bisa Nikmati Pustaka Digital

Seorang siswi SMA Majalaya sedang mengaplikasikan PaDi di Gedung Puseur Elmu Soreang, Sabtu (24/9). by Vita Humas Pemkab Bandung

SOREANG – Pustaka Digital (PaDi) merupakan program implementasi dari pencanangan 1.000 Digital Learning Corner yang direalisasikan dalam bentuk kumpulan Pustaka Digital (e-Book). PaDi ini diberikan PT Telkom Indonesia kepada Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung H. Dadang M Naser, SH,S.Ip.,M.Si, berharap kehadiran PaDi bisa membantu membangun kembali minat baca masyarakat dan membantu mencerdaskan masyarakat Kabupaten Bandung.

“Dengan hadirnya teknologi melalui PaDi dan tersedianya macam-macam jenis buku di program PaDi ini, saya harap bisa meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya para pelajar dan masyarakat yang berada di daerah perkampungan,” ucap Dadang saat meninjau Program PaDi di Gedung Puseur Elmu (Science Center), Soreang, Sabtu (24/9/16).

Bupati juga mengapresiasi Telkom atas diluncurkannya PaDi. “Terimakasih kepada Telkom yang telah menjadi contoh BUMN yang telah menerima pendapatan dari masyarakat, lalu mengembalikannya kembali dalam bentuk yang bermanfaat,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, Telkom sebelum ini telah memiliki platform komersial Q-Baca yang merupakan e-book store atau toko buku digital yang di dalamnya terdapat bebagai pustaka dari berbagai penerbit yang sudah lebih dulu dimanfaatkan masyarakat.

“Melalui PaDi yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR), Telkom ini akan memberikan akses seluruh pustaka digital milik berbagai penerbit tersebut secara gratis kepada seluruh lapisan masyarakat. Revenue share (bagi hasil) kepada penerbit tetap menjadi tanggung jawab Telkom,” ungkap Dadang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Juhana menyebutkan, salah satu penebit yang telah menjalin kerjasama dengan Telkom adalah Balai Pustaka. Kerjasama ini merupakan salah satu implementasi dari sinergi BUMN di mana Telkom menyediakan e-Library bagi buku digital Balai Pustaka serta berperan sebagai delivery channel. Sehingga saat ini masyarakat dapat membaca karya sastra legendaris milik Balai Pustaka secara digital baik di Qbaca maupun di PaDi.

“Pustaka Digital dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk mengakses beragam bacaan yang tersedia, termasuk pengetahuan tentang Kabupaten Bandung. PaDi ini bisa diakses dimanapun, termasuk dari handphone. tidak hanya terbitan Balai Pustaka, namun juga berbagai pustaka lainnya yang sudah tersedia sebelumnya dalam aplikasi Qbaca,” kata Juhana saat mengaplikasikan PaDi.

Kadisdikbud berpesan, agar masyarakat Kabupaten Bandung bisa memanfaatkan fasilitas ini. Dengan tersedianya Gedung Puseur Elmu, selain aplikasi PaDi, terdapat pula beberapa bidang pengetahuan lainnya, seperti pengetahuan tentang fisika, kimia, astronomi, bahasa, ilmu pengetahuan alam, museum, kesenian dan laboratorium bahasa.

“Saya sarankan, agar masyarakat Kabupaten Bandung memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Gedung Puseur Elmu. Untuk mendapatkan aplikasi PaDi, warga bisa datang ke gedung ini dan mendownload langsung,” pungkasnya.

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI

spot_img