Bale JabarPamong

Mendagri: Tak Etis Sesama Aparat Saling Bentrok

 Mendagri Tjahjo Kumolo usai pelantikan praja IPDN di Jatinangor, Senin (8/8). by iwa/bbcom
Mendagri Tjahjo Kumolo usai pelantikan praja IPDN di Jatinangor, Senin (8/8). by iwa/bbcom

JATINANGOR – Bentrokan yang terjadi antara petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan polisi di Makassar, Sulawesi Selatan harus segera diusut tuntas. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan perlu dibentuk tim investigasi untuk menelusuri siapa pihak yang salah dalam kasus tersebut.

Mendagri berpesan agar peristiwa ini menjadi kasus terakhir bentrok antaraparat. Sebab mereka mempunyai tugas untuk mengayomi masyarakat, sehingga tidak etis kalau mereka berkelahi satu sama lain.

“Ya, akan segera dibentuk tim investigasi terpadu antara pemprov TNI dan kepolisian dengan dasar laporan dan CCTV yang ada harus dibuktikan siapa yang bersalah. Yang terbukti salah akan mendapatkan sanksi,” tandas Tjahjo usai pelantikan praja IPDN di Jatinangor, Senin (8/8/16).

Sebelumnnya, diduga terjadi aksi pengeroyokan petugas Satpol PP kepada dua orang anggota kepolisian di Pantai Losari, Makassar. Setelah itu puluhan polisi menyerang Balai Kota Makassar yang di dalamnya juga terdapat Satpol PP.

Penyerangan itu diduga merupakan aksi balas dendam atas peristiwa di Pantai Losari. Saat penyerangan itu berlangsung, terjadi bentrokan antara Satpol PP dan pihak kepolisian yang menewaskan Bripda Michael Abraham Rieuwpassa.

“Ini harus menjadi peristiwa terakhir antaraparat. Tidak etis kalau ada aksi saling berkelahi, apalagi sampai saling membunuh, itu sudah tidak pada tempatnya. Ini akan jadi preseden buruk,” kata Mendagri. [iwa]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close