Sabtu, April 13, 2024
BerandaBale BandungMengenal Perguruan Pencak Silat Gerak Raga Buana, Seni Bela Dirinya Anak Muda

Mengenal Perguruan Pencak Silat Gerak Raga Buana, Seni Bela Dirinya Anak Muda

Perguruan Pencak Silat Gerak Raga Buana (PPS Gerana) merupakan salah satu aliran seni bela diri pencak silat yang menekankan ilmu dan teknik bela dirinya pada penggabungan gerak, seni, pernafasan, serta penyelarasan diri dengan alam atau apa yang disebut dengan “Ilmu Gerak Raga Buana”.

Keilmuan gerak dan seni merupakan pengolahan gerakan yang mengutamakan seni, serta kaidah-kaidah silat yang menekankan pada warisan tradisi dan budaya bangsa. Termasuk pernafasan atau “Raga Buana” merupakan pengolahan pernafasan yang diambil dari tenaga potensial dalam tubuh manusia secara murni.

Olah nafas merupakan dasar bagi pengembangan tenaga lainnya untuk membina kesegaran, kekuatan, ketangkasan, ketahanan fisik, serta kepekaan diri terhadap lingkungan sekitar yang dapat meningkatkan kepekaan, kesehatan, serta daya tahan tubuh manusia.

Perkembangan awal perguruan Gerana dimulai sejak tahun 1998 yang tercetus dari keinginan dari para pendiri; Ujang Tohari,M.pd: Guru Utama PPS Gerana, Kepala sekolah SMKN 1 Cisarua, dan Yuliandi Purwanto, SE: Dewan Guru PPS Gerana, Wasit Juri Prov. Jawa Barat (Tanding & Seni), untuk membentuk suatu wadah yang dapat menampung keinginan para generasi muda dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Hal ini dilakukan untuk dapat mempertahankan, melestarikan serta mengembangkan pencak silat sebagai tradisi dan budaya bangsa Indonesia guna mewujudkan jati dirinya.

PPS Gerana menekankan pada gerakan-gerakan bela diri yang berdasarkan gerak seni serta kaidah-kaidah pencak silat yang dirangkaikan dengan pengolahan pernafasan secara murni dari dalam tubuh manusia. Tindakan ini meningkatkan kesehataan tubuh manusia, yang ditujukan untuk pencapaian pertahanan atau pembelaan diri, prestasi, serta kesehatan.

Sejak 1998, para pendiri memulai untuk mengembangkan serta menyempurnakan keilmuannya. Tanggal 6 Oktober 2002 di Kota Bandung, para pendiri mendeklarasikan pembentukan PPS Gerana. Kegiatan usaha pengembangannya telah dirumuskan di dalamnya berupa Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, lambang dan falsafah PPS Gerana.

Lebih dari itu juga untuk memperluas pengembangannya dengan mendirikan kelas-kelas latihan melalui pendirian padepokan-padepokan atau unit latihan serta pembentukan kepengurusan pada tingkat 1 dan 2 di Indonesia.

Pengembangannya ke luar Indonesia-pun turut dilakukan guna memperluas PPS Gerana pada khususnya dan memperkenalkan pencak silat sebagai tradisi dan budaya bangsa Indonesia ke dunia luar pada umumnya.

Filosofi Lambang/Logo PPS Gerana

A.Lingkaran: tidak akan pernah putus tali persaudaraan antar anggota PPS Gerana
B. Warna Biru: kedamaian, ketenangan, layaknya air laut.
C. Wings/Sayap: PPS Gerana akan terus berkembang menyebar ke seluruh pelosok nusantara dan dunia. Selain itu juga para pesilat Gerana terus mengembangkan kemampuan diri dan prestasi.

D.Matahari: selalu membawa kehangatan dan memberikan semangat serta tenaga yang berguna.
E.Merah Putih: asal dari perguruan yaitu Indonesia.

F. Manusia: melambangkan seluruh gerakan dan seni merupakan pengolahan gerakan yang mengutamakan seni. Kaidah-kaidah yang menekankan pada tradisi dan budaya bangsa, serta pernafasan/”Raga Buana”. Pengolahan nafas yang diambil dari tenaga inti dari dalam tubuh manusia.

Sekretariat Perguruan:

Cabang Bogor:
1. SMK Negeri 1 Cibinong, SMK NEGERI 1,
Jl. Karadenan, Karadenan, Cibinong, Bogor, Jawa Barat 16111

2. SMK Negeri 1 CISARUA,
Jl. Raya Puncak KM. 86 No. 24, Tugu Selatan, Cisarua, Tugu Sel., Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750

Cabang Depok
1. MTs & MA Arridho Depok,
Jl. H. Abdul Ghani II No. 1 Kel.Jatimulya Kec. Cilodong Kota Depok

2. Sekre Kota Depok,
Jl. H. Abdul Ghani Raya No.42 Rt 01/02 Kel.Kalibaru Kec. Cilodong Kota Depok

Cabang Kota Bandung
1. SMKN 7 Bandung, Jl.Soekarno Hatta, Bandung
2. SMK Medika Kom, Jl.Rancabolang No.1
3. SMA Pasundan 7 Bandung, Jl.Kebonjati Stasion.

Cabang Kab Bandung
1. SMAN 1 Rancaekek, Jl.Walini Kec Rancaekek Kab Bandung
2. SMA Pasundan Rancaekek, Perum Rancaekek Kencana, Lapang Liga, Kab Bandung.
3. SMK Aloer Jl.Majalaya – Ibun.
4. SMK Lugina, Jl.Raya Rancaekek-Majalaya, Kec Rancaekek Kab Bandung.
5. SMK Karya Budi, Jl.Cinunuk Kec Cileunyi Kab Bandung
6. SMP Pasundan Rancaekek, Perum Rancaekek Kencana, Kec Rancaekek Kab Bandung
7. SMPN 3 Rancaekek, Perum Rancaekek Kencana, Kec Rancaekek Kab Bandung.
8. SMP Karya Budi, Jl.Cinunuk Kec Cileunyi Kab Bandung
9. SMP Lugina, Jl. Raya Rancaekek-Majalaya Kec Rancaekek Kab Bandung
10. SDN Bojongbraja, Jl.Raya Rancaekek – Majalaya Kec Rancaekek Kab Bandung.***

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI