Senin, Oktober 25, 2021
BerandaBale Kota BandungMesjid Agung Jabar Bertema Matematika Bernama Al Jabar

Mesjid Agung Jabar Bertema Matematika Bernama Al Jabar

masjidapungjpgCOBLONG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan Kota Bandung dan Pemprov Jabar sedang melakukan proses pembebasan lahan, melaksanakan detailing dan desain Mesjid Agung Provinsi Jawa Barat yang mau didirikan di Danau Gedebage.

“Sekarang lagi pembebasan lahan, pendetailan dan lain-lain. Selain itu juga dibicarakan berkaitan dengan desainnya, ” papar walikota usai rapat dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, terkait rencana pembangunan Mesjid Agung Provinsi, di Graha Manglayang Gedung Sate Bandung, Senin (28/3/16). Ridwan menambahkan, selain sebagai sarana beribadah, mesjid tersebut juga akan dilengkapi dengan fasilitas lain.

“Di dalamnya nanti akan ada Museum Nabi Muhammad, ada Museum Asmaul Husna, ada fasilitas pesantren kilat , selain itu juga ada percetakan Al-Quran dan Pak Gubernur menambahi akan ada tempat manasik di halamannya bagi calon jemaah haji,. Untuk kapasitas diperkirakan dapat menampung sekitar 50 ribu orang,” sebutnya.

Menjawab keterlibatannya dalam pembangunan mesjid tersebut, Emil menegaskan dirinya hanya ikut memberikan ide-ide konsep saja untuk desain mesjid tersebut.

“Saya cuma memberikan konsep, yang menerjemahkan nanti ada konsultan. Namun Pak Wagub sudah menggagas temanya akan bernuansa matematika, bahkan mungkin namanya nanti Al Jabar,” jawabnya.

Emil menerangkan detail danau yang akan mjadi lokasi mesjid tersebut selain cukup luas, targetnya pun dalam waktu dekat akan selesai. “Kolam atau danaunya nanti kurang lebih sekitar 10 hektar, dengan kedalaman 3 meter dan kemungkinan dana engineering-nya akan dari APBN, sehingga targetnya akhir 2017 sudah selesai,” ungkapnya.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI