Bale JabarPamong

Negara di Asia Timur dan Pasifik Dominasi Kerjasama dengan Jabar

 Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Jabar Taufiq Budi Santoso. by Humas Pemprov Jabar
Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Jabar Taufiq Budi Santoso. by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Sepanjang 2016 Pemerintah Provinsi Jawa Barat menjalin kerjasama luar negeri yang didominasi oleh pemerintah dari negara di Asia Timur dan Pasifik. Sedikitnya sudah ada 27 kerjasama yang dilakukan, termasuk dengan negara-negara lain di kawasan Timur Tengah, Eropa, Arfika dan Amerika.

Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Jabar Taufiq Budi Santoso menyebutkan kerjasama dengan negara di Asia Timur diantaranya dengan Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Sementara di Asia Pasifik dengan Australia dan Australia Selatan.

Di luar itu, kerjasama dengan negara di belahan dunia lainnya di kawasan Eropa, terutama Jawa Barat punya hubungan baik dengan Belgia, Belanda, atau Rusia.

Di kawasan Afrika, kerjasama dijalani dengan Afrika Selatan sementara di Benua Amerika dengan Mexico. Beberapa negara dari benua Asia lain antara lain Sudan, Kazakhastan, Lebanon, dan Arab Saudi.

Menurutnya, kerjasama itu meliputi 13 dokumen pernyataan kehendak, dua dokumen risalah rapat, dua dokumen memorandum saling pengertian dan 10 target kerjasama.

“Bentuk kerjasama ini pun hampir menyentuh semua sektor kehidupan, dari mulai pendidikan, ekonomi, olahraga, pariwisata dan budaya, hingga misi pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan teknologi pemerintahan,” kata Taufiq kepada Tim Humas Jawa Barat, Rabu (29/12/16).

Taufik menambahkan, sejak tahun lalu Provinsi Jawa Barat masuk dalam forum pemerintah daerah se-Asia Timur. Forum ini terdiri dari sembilan negara dan lebih dari 76 pemerintah daerah. Jadi, selain hubungan bilateral dengan 27 kerjasama tersebut, juga masuk forum Asia Timur yang digagas Prefektur (Provinsi) Nara di Jepang.

Taufik mengatakan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjadi yang paling vital dalam kerberhasilan hubungan baik dan kepercayaan dari negara lain. Gubernur Aher dinilai punya kepiawaian berdiplomasi dan kecakapan dalam berpolitik luar negeri, sehingga Jawa Barat dipandang dunia internasional khususnya di forum Asia Timur.

Tahun ini ketika forum menggelar seminar, Aher mendapat kehormatan menjadi salah satu pembicaranya terkait kawasan wisata Geopark atau taman alam batuan tua di Ciletuh, Kabupaten Sukabumi untuk diajukan sebagai Global Geopark atau Geopark Internasional ke UNESCO tahun 2017.

Geopark atau kawasan wisata taman alam batuan tua Ciletuh di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mendapatkan sertifikat sebagai geopark nasional dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO dan Kementerian ESDM, sebab telah memenuhi sejumlah persyaratan untuk sebuah taman bumi atau geopark.

“Provinsi Jawa Barat dalam masa kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan ini memang terus mengembangkan komunikasi dan menjalin hubungan dengan negara lain. Tahun ini, Pak Gubernur sudah mengikuti seminar dan menjadi pembicara pada forum tersebut. Pemaparan tentang Ciletuh untuk bisa diakui dunia, maka kita gunakan forum ini,” ucapnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close