Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale JabarNih, 4 Pesan Aher ke Satpol PP

Nih, 4 Pesan Aher ke Satpol PP

aher__satpol_PPBANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja untuk selalu menjaga wibawa pemerintah daerah dengan mengedepankan sikap tepat dan bijaksana sesuai dengan paradigma baru Satpol PP yaitu aparat yang ramah, bersahabat juga peka terhadap perubahan dinamika.

“Saya harapkan juga Satpol PP tetap tegas dalam bertindak demi tegaknya peraturan,” ucap Aher usai jadi pembina upacara pada Apel Gelar Pasukan Operasi Praja Wibawa 2016 di halaman Gedung Sate Bandung, yang diikuti oleh kepala dan anggota Satpol PP se-Jawa Barat, Rabu (18/5/16)

Aher mengungkapkan, saat ini khususnya di Jabar dihadapkan pada fenomena yang mengarah pada gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat yang berpotensi pada rusaknya tatanan kehidupan.

Selain itu, tak lama lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan yang memerlukan peningkatan tindakan kondusifitas dari Satpol PP agar umat islam dapat menjalankan ibadahnya dengan baik. “Tentu saja hal ini harus menjadi fokus kita bersama khususnya kepada Satpol PP sebagai penyelenggara ketertiban umum,” ungkapnya.

Seorang Satpol PP, kata Aher, selain harus memiliki pengetahuan dasar tentang hukum dan penegakkan ketertiban. Ia juga harus memiliki pengetahuan lebih seperti bagaimana cara melakukan pendekatan kepada masyarakat, karena saat melakukan penertiban tak sedikit masyarakat yang melakukan perlawanan.

“Ketika hak masyarakat kita merasa terusik karena penertiban oleh Satpol PP, mereka harus tahu bagaimana cara melakukan pendekatan kepada masyarakat, di samping juga harus memiliki pengetahuan dasar dan fisik yang memadai,” kata gubernur.

Aher menepis pandangan negatif dari masyarakat terhadap Satpol PP. ASN yang masuk anggota Satpol PP menurutnya adalah orang-orang pilihan. “Itu imej dulu, sekarang perlahan sudah hilang, justru Satpol PP di Jawa Barat itu orang-orang pilihan, berpendidikan dan harus memiliki pengetahuan lebih,” tukasnya.

Kemampuan intelektual, moralitas, keberanian dan kemampuan persuasif kepada masyarakat, menjadi kompetensi wajib yang harus dimiliki oleh anggota Satpol PP. Dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Praja Wibawa 2016 ini Aher menyampaikan beberapa yang harus menjadi perhatian Satpol PP, diantaranya:

1. Tingkatkan pembinaan dan bimbingan kepada masyarakat terhadap Peraturan Daerah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.
2.Laksanakan pengawasan terhadap potensi gangguan Tibumtranmas dan rawan pelanggaran Perda.
3. Kedepankan sikap humanis dan persuasif serta libatkan tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam melaksanakan tugas.
4.Satpol PP agar bersinergi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah di wilayahnya guna mendukung penyelenggaraan operasi.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI