Bale Kab BandungHankam

Nih, Alutsista Canggih Milik Paskhas untuk Defile HUT TNI ke-72

alutsista paskhasMARGAHAYU – Perayaan HUT TNI KE-72 akan dipusatkan di Dermaga Cilegon, Kota Serang, Provinsi Banten. Dalam kegiatan perayaan HUT TNI kali ini seluruh prajurit TNI dari tiga matra angkatan yakni Darat, Laut dan Udara akan mengikuti upacara dan rangkaiannya.

Kepala Penerangan Korps Paskhas, Letkol Rifaid mengatakan dalam upacara HUT TNI ke 72 di Cilegon, Pasukan Khas TNI AU akan menampilkan sejumlah alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang dimiliki.

“Alutsista Paskhas TNI AU selama kurun satu waktu tahun telah diujicoba, kemampuan para prajurit mengawaki alutsista itu sendiri sudah diuji. Bahkan yang dilakukan saat uji coba di Natuna dengan disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo,” jelas Kapen Korpaskhas Letkol Rifaid, di Mako Korpaskhas TNI AU, Margahayu, Kabupaten Bandung, Selasa (26/9/17).

Alutsista yang dimiliki Paskhas TNI AU ini juga sebagai wujud pertanggungjawaban kepada masyarakat, terhadap alat pertahanan negara yang dimiliki tentaranya. “Ini wujud pertanggungjawaban prajurit kepada negara dan rakyat, dalam memelihara alutsista,” jelasnya.

Nih, alustista Korpaskhas yang ditampilkan saat HUT TNI di Cilegon, 5 Oktober 2017 ;

a. 26 Unit Rantis Tempur Batalyon Paskhas dan Satuan Bravo. rantis paskhas

b. 2 Unit Target Drone, alat pendeteksi pesawat musuh.

Target Drone Paskhas QW-3_2
Target Drone Paskhas QW-3_2

c. 2 Unit Senjata QW-3.

Senjata rudal QW-3
Senjata Rudal QW-3

d. 2 Unit Orlikon Skyshield.

Orlikon Skyshield Paskhas
Orlikon Skyshield Paskhas

e. Smart Hunter.

Smart Hunter Paskhas. by Imelda Sutarno
Smart Hunter Paskhas. by Imelda Sutarno

f. 2 Unit Rudal Chiron.rudal chiron paskhas

g. 1 Unit APC Turangga (kendaraan angkut personel).apc turangga paskhas

h. 1 unit ETS

Kedelapan alutsista ini merupakan alat utama pertahanan udara yang dimiliki Paskhas TNI AU. “Senjata ini digunakan sebagai penangkis anti serangan udara, dan bisa mendeteksi posisi pesawat musuh jika memasuki wilayah udara Indonesia,” jelasnya.

Untuk Rudal Chiron, saat ini dimiliki beberapa negara di dunia seperti Israel, dan menjadi senjata yang paling ditakuti. “Indonesia sudah memiliki 4 Rudal Chiron di 4 Detasemen Pertahanan Udara di bawah Paskhas TNI AU, yakni di Jakarta (Halim), Yogya, Pontianak dan Makassar. Fungsi senjata ini sendiri bukan menghancurkan, tetapi melumpuhkan pesawat saat di udara,” jelasnya.

Defille peralatan tempur Paskhas TNI AU sendiri, disiapkan dari Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) Bravo Lanud Halim Perdanakusumah Jakarta. “Untuk alutsista canggih ini kita siapkan dari markas Paskhas terdekat yakni dari Denhanud Lanud Halim Perdanakusumah,” terangnya.

Paskhas Kirim 1.401 Personil Meriahkan HUT TNI

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close