Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale KBBPabrik Pemintal Benang Terbakar

Pabrik Pemintal Benang Terbakar

kebakaranPADALARANG – Pabrik pemintalan benang CV Yung Kwatex yang berada di Kampung Posgiro, Desa laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terbakar pada Minggu (8/5/16) malam. Akibat kejadian ini sebagian bangunan pabrik khususnya ruangan produksi hangus dilalap si jago merah.

Saksi mata yang juga karyawan perusahaan, mengatakan jika saat kejadian dirinya mendengar suara ledakan dan kemudian timbul kobaran api. Selain itu pada bagian ruangan yang terbakar juga dipenuhi oleh asap pekat sehingga membuat jarak pandang menjadi terbatas.

“Awalnya terdengar ada ledakan lalu disusul kobaran api yang membesar dengan cepat,” kata saksi mata yang bernama Dadan (42).

Dia menyebutkan api diduga berasal dari mesin yang lupa dimatikan oleh pegawai sebelum karyawan bubar sekitar pukul 16.00. Saat itu kondisi pabrik dalam keadaan kosong sehingga tidak ada korban jiwa hanya saja mesin-mesin produksi dan mesin pemintal benang habis terbakar.

“Ada beberapa mesin pemintal benang yang ikut terbakar termasuk dua unit mobil milik perusahaan,” ucapnya.

Petugas UPTD Pemadam Kebakaran KBB Nuralamsyah menyebutkan pihaknya menerjunkan sebanyak sembilan unit mobil pemadam ke lokasi. Yakni lima unit kendaraan dari KBB, serta dua unit damkar bantuan dari Kota Cimahi dan dua unit lagi dari Kabupaten Bandung.

Pihaknya mengaku cukup kesulitan untuk memadamkan api karena kesulitan untuk mendapatkan suplai air. Akhirnya api berhasil dipadamkan oleh petugas sekitar satu jam setelah kebakaran serta berhasil mengamankan sejumlah barang jadi hasil produksi pemintalan benang tersebut. “Api baru bisa berhasil dipadamkan satu jam kemudian dan ada juga beberapa barang hasil produksi yang berhasil diselamatkan,” ucapnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI