Bale Kota BandungPeristiwa

Pancasila Ideologi Dunia

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memberi sambutan 'Selamat Datang' saat Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Rabu (1/6). by Yan Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan memberi sambutan ‘Selamat Datang’ saat Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, Rabu (1/6). by Yan Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), menggelar Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, di Gedung Merdeka, .Jl. Asia -Afrika, Bandung, Rabu (1/6/16).

Tema Helatan besar MPR RI kali ini yakni, “Pancasila Ideologi Bangsaku, Gotong Royong Semangat Negeriku”. Dengan peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945, diharap menjadi pembangkit spirit Nasionalisme masyarakat Indonesia. Sebab 1 Juni 1945 dikenal pula sebagai Hari Lahir Pancasila yang merupakan ideologi bangsa Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada sambutan ‘Selamat Datang’ -nya mengajak, seluruh lapisan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk tegaknya nilai- nilai Pancasila.

“Semoga spirit para pendiri Bangsa menginspirasi kita. Tantangan bagi generasi bangsa saat ini, kita harus mempu mengamalkan nilai- nilai pancasila. Untuk menjadi ukuran membangun regulasi, yang mengatur kehidupan sosial, politik, dan ekonomi kita,” kata Gubernur Aher.

Dengan tegaknya nilai- nilai Pancasila sebagai pondasi membangun bangsa, Indonesia akan hadir sebagai bangsa yang kokoh, dan berdaya saing menghadapi tantangan global.

Sementara itu mewakili keluarga besar Bung Karno, Presiden RI ke- 5 Megawati Soekarnoputri mengatakan, Pancasila merupakan alternatif dalam menghadapi berbagai terpaan permasalahan global. Putri Bung Karno ini pun menuturkan Bung Karno telah memperjuangkan Pancasila menjadi ‘ideologi dunia’. Isu mengenai toleransi, keberagaman, hingga ekstrimisme yang marak saat ini, Pancasila mampu menjadi solusi untuk pelbagai permasalahan tersebut.

“Tanpa pidato Bung Karno, maka tidak akan ada Pancasila, tidak ada untaian sejarah dunia, tidak akan ada Negara Kesatuan Republik Indonesial. Pancasila bahkan jadi ideologi pemersatu masyarakat Indonesia dalam menghadapi konflik dunia. Bahkan telah terbukti Pancasila bukan hanya ideologi pemersatu bangsa Indonesia, bahkan sejarah mencatat betapa Pancasila telah menjadi ideologi alternatif dalam menghadapi konflik dunia,” tandas Megawati.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close