Bale Jabar

Pangdam III/Siliwangi Instruksikan Korem dan Kodim Awasi Pelaksanaan New Normal

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat Video Conference  di Puskodalops Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Bandung, Rabu (27/5/20). by Pendam Slw

BANDUNG, Balebandung.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menegaskan agar seluruh Korem dan Kodim di Jajaran Kodam III/Siliwangi mengawasi masyarakat pada pelaksanaan fase New Normal.

Hal tersebut menurut Pangdam sebagai bentuk dukungan dalam melaksanakan program pemerintah yaitu Presiden Joko Widodo terutama dalam penerapan New Normal di Provinsi Jawa Barat dan Banten.

“Indonesia akan bersiap-siap untuk memasuki kondisi New Normal dan TNI akan berada pada garda paling depan dalam membantu pengawasan program pemerintah untuk mendisiplinkan masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan dan tetap memakai masker sehingga terhindar dari Virus Covid-19 ,” tandas Pangdam saat Video Conference di Puskodalops Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Bandung, Rabu (27/5/2020).

Pangdam mengatakan pihaknya sudah melakukan kunjungan kerja ke beberapa satuan di jajaran Kodam III/Siliwangi, TNI-Polri harus tetap berjaga di tempat-tempat umum dan pusat keramaian untuk melaksanakan program Presiden.

“Diharapkan masyarakat akan dapat menerapkan kehidupan normal dengan kondisi pandemi Corona, ” ucap Pangdam.

Saat ini New Normal akan berlaku di wilayah yang masuk zone hijau atau bebas dari Covid-19. “Nanti mall-mall dan pusat perbelanjaan atau restoran akan kembali dibuka, tetapi harus menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” jelasnya.

Pangdam bilang keterlibatan TNI-Polri diharapkan dapat menurunkan angka penularan wabah Virus Corona. “Personil memang terbatas, tapi kita akan melakukan penambahan atau penebalan dari batalyon bersinergi dengan Polri dalam melaksanakan program Presiden ini, ” ungkapnya.

Pangdam berharap masyarakat juga mempunyai kesadaran dalam menghadapi New Normal ini. “Seandainya program berjalan, tetapi masyarakatnya sendiri tidak mempunyai kesadaran dalam melaksanakan protokol kesehatan, akan sulit diterapkan di Indonesia,” ujarnya.

Pihaknya juga telah memberikan arahan kepada jajaran agar melakukan monitoring di masing-masing wilayah dan harus ikut aktif membantu seandainya ada warga yang tidak terdata oleh pemerintah daerah, maka personil di lapangan harus membantunya.

” Kita aktif juga dalam memberikan bantuan sosial (Bansos) kepada masyarakat yang terkena dampak. Mari kita bersama-sama melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker ketika akan berpergian ketempat-tempat keramaian dan mall-mall, ” seru Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close