Bale Kota BandungPamong

Pengamat; Secara Logika Administrasi Negara, Benny Bachtiar Seharusnya Sudah Bekerja

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pasundan (Unpas) Muhammad Budiana, S.Ip,MS.i

BANDUNG – Pengamat pemerintahan yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Pasundan (Unpas) Muhammad Budiana, S.Ip,MS.i menilai Drs Benny Bachtiar,M.Si selaku Sekretaris Kota Bandung yang baru, saat ini seharusnya sudah bekerja. Terlebih Benny sudah mendapat persetujuan dari Mendagri Tjahjo Kumolo untuk diangkat dan dilantik sebagai Sekda Kota Bandung.

“Seharusnya Benny Bachtiar ini sudah bekerja karena sudah mendapat persetujuan Mendagri untuk diangkat dan dilantik sebagai Sekda Kota Bandung yang baru,” kata Budiana kepada Balebandung.com, Kamis (4/10/18).

Menurut Budiana, secara logika administrasi negara pun, seharusnya Benny harus sudah dilantik sebagai Sekda Kota Bandung dan mulai bekerja.

“Tapi ini mungkin karena walikota yang sekarang punya pandangan yang berbeda dengan walikota yang kemarin, sehinga dia merasa perlu untuk mematangkan kembali sekda yang akan dilantik,” imbuh Budi.

Karena itu ia pun menyarankan, keputusan untuk menetapkan aparatur sipil negara (ASN) yang akan menduduki jabatan setinggi sekda, seharusnya dimatangkan dari awal. Sebab menurutnya, awal yang baik akan menghasilkan akhir yang baik pula.

“Tapi sebaliknya kalau, mungkin, kepala daerah tersebut kurang memperhatikan aspek yang seharusnya ditempuh, termasuk aspek keunggulan SDM setempat, aspek politik, apalagi proses pergantian sekda itu tepat saat tahapan Pilwalkot berlangsung, hasilnya ya akan seperti ini. Sehingga kalau sudah seperti begini keadaannya, agak menjadi tidak nyaman untuk siapapun,” pungkas Budi.

Diberitakan sebelumnya, Benny merupakan sekda pilihan yang telah diajukan namanya ke Kemendagri di masa kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Nama Benny sempat mendapat penolakan karena dia bukan berasal dari Kota Bandung dan berstatus PNS dengan jabatan terakhir Asisten Perekonomian dan Pemerintahan Kota Cimahi. ***

Waktu Plt Habis, Sekda Baru Kota Bandung Tak Kunjung Dilantik

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close