Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarPenyelenggaraan Cabor Paralayang PON 2016 Perlu Penanganan Khusus

Penyelenggaraan Cabor Paralayang PON 2016 Perlu Penanganan Khusus

Logo PON 2016SUMEDANG – Panitia penyelenggara lomba cabang olahraga paralayang PON XIX/2016 Jawa Barat di Kabupaten Sumedang akan menyiapkan penanganan secara khusus karena paralayang adalah cabang olahraga yang tergolong unik.

“Paralayang itu unik karena bergantung pada angin dan cuaca, yang kondisinya dapat berubah-ubah dalam waktu yang relatif singkat sehingga pada persiapannya para atlet membutuhkan aklimatisasi yang cukup panjang dan perlu penanganan khusus,” kata Sugeng, Ketua Panitia Penyelenggara PON XIX/2016 Jawa Barat Cabang Olah Raga Paralayang.

Di kota tahu itu, lomba paralayang akan digelar di Gunung Lingga Batu Dua-Kampung Toga. Selain nomor ketepatan mendarat, juga dilombakan nomor cross country. Menurut Sugeng, penanganan khusus yang dimaksud antara lain terkait penyediaan transportasi atlet dan ofisial lantaran medan jalan yang menanjak menuju arena lomba.

Selain transportasi, Sugeng menambahkan, terutama untuk cross country, kebutuhan penyediaan tim kesehatan. Tidak hanya di sekitar arena tetapi juga harus mobile dan bersiap di lokasi pendaratan (landing) para atlet.

“Di samping tim medis, perlu disiapkan juga tim rescue dan tim medis khusus di sekitar take off karena berdekatan dengan perairan Waduk Jatigede,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu, PIC bidang kesehatan PB PON, Panca mengatakan, akan mengakomodir segala kebutuhan yang menyangkut persiapan dan penanganan kesehatan di cabang olahraga paralayang dan gantole yang dihelat di Kabupaten Sumedang.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI