Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale KBBPerbaikan 200 SMP Rusak di KBB Ditunda

Perbaikan 200 SMP Rusak di KBB Ditunda

ilustrasi sekolah rusak
ilustrasi bangunan SMP rusak

NGAMPRAH – Rencana perbaikan sekitar 200 SMP yang bangunannya rusak di Kabupaten Bandung Barat (KBB) oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga KBB terpaksa ditunda. Ini gegara dipangkasnya Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan tahun 2016 yang diterima Pemkab Bandung Barat dari pemerintah pusat.

Jika tahun lalu Pemda KBB menerima DAK sebesar Rp 56 miliar, tapi kini DAK yang dikucurkan ke KBB hanya RP 5,4 miliar. Pengurangan itu disebabkan DAK untuk SMP, SMA/SMK dihapuskan dan hanya tersisa DAK untuk SD.

“Bekurangnya hampir 90 persen jika dibandingkan tahun lalu. Itu sebabnya rencana perbaikan 200 SMP terpaksa ditunda dulu,” tutur Kepala Disdikpora KBB Agustina Piryanti, Selasa (22/3/16).

Agustina tidak mengetahui alasan pemerintah pusat meniadakan DAK untuk SMP dan SMA/SMK. Terkait hal ini pihaknya berencana mengkonsultasikannya ke pemerintah pusat.

Informasi yang diterima Disdikpora, kata Tina, kebijakan meniadakan DAK untuk SMP dan SMA/SMK mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 137 Tahun 2015 pada lampiran XVII tercantum bahwa pemberian DAK hanya diberikan kepada SD dan SDLB.

Sedangkan perbaikan ruang kelas rusak di KBB tidak hanya sebatas pada 200 SMP saja, tapi masih banyak bangunan SMA/SMK yang juga perlu direhabilitasi. Akibat tidak adanya dukungan anggaran dari DAK membuat rencana perbaikan bangunan sekolah yang rusak harus ditunda dulu.

“Untuk menutupinya maka dialokasikan dari APBD KBB sebesar Rp 3,7 miliar dan bantuan Pemprov Jabar sebesar Rp 31 miliar untuk SD, SMP, SMA/SMK,” kata Tina. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI