Bale Kota BandungHumanioraLingkungan

Percepatan Gerakan Citarum Bestari Libatkan 100 Desa

 Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berfoto bersama usai pengarahan Lingkungan Terpadu Provinsi Jabar di Aula Graha Tirta Kodam III/Siliwangi, Rabu (31/8/16). by Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berfoto bersama usai pengarahan Lingkungan Terpadu Provinsi Jabar di Aula Graha Tirta Kodam III/Siliwangi, Rabu (31/8/16). by Humas Pemprov Jabar

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Sosialisasi Percepatan Gerakan Citarum Bestari bekerjasama dengan KODAM III/Siliwangi di Graha Tirta Siliwangi Kota Bandung, Rabu (31/8/16).

Sudah dua bulan sosialisasi ini  dilakukan dengan melibatkan kurang lebih 2.400 orang dari seluruh stakeholder yang terlibat dalam mewujudkan Gerakan Beberesih Citarum melalui kerja bakti atau gotong royong.

Kegiatan ini dilakukan setiap hari Jumat oleh 100 desa yang bekerjasama dengan TNI. Dalam kegiatan budaya gotong royong ini terdiri dari OPD pemerintah provinsi, kabupaten/kota, Kader Ecovillage dari 175 desa, aparat pemerintah desa, aparat pemerintah kecamatan, tokoh masyarakat, pelajar, dan masyarakat.

Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan menerangkan sosialisasi ini merupakan revitalisasi budaya gotong royong, memelihara lingkungan, melalui Beberesih Citarum.

“Seperti gerakan semangat dan upaya nyata kita untuk mengembalikan fungsi sungai sebagai pusat peradaban umat, meningkatkan sprit, komitmen, dan kerja nyata kita dalam upaya pemulihan lingkungan yang rusak dan tetap melakukan konservasi lingkungan yang masih baik,” ungkap Aher.

Ada ribuan perindustrian di Jawa Barat, tetapi yang tercatat secara resmi memiliki izin di BPLHD Kabupaten Bandung hanya ada 230 industri yang sudah mengolah limbah sendiri. Kalangan home industri masih banyak yang belum mengantongi izin.

“Kita Provinsi Jawa Barat sangat welcome dengan adanya perindustrian, tetapi tolong untuk mengolah limbah dengan baik sebelum dibuang. Hiduplah tanpa membunuh kehidupan, kemudian sejahterahlah tanpa menyengsarakan”, ucap Aher.

Turut hadir Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo, Sesko TNI, Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar, serta perwakilan dari kabupaten/kota. by Welvie FA

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close