Bale Kota BandungHankam

Polisi Cek Kesiapan Bus di Terminal Leuwipanjang

bb-polantas-bus-cekBANDUNG – Satuan Lalulintas Polrestabes Bandung bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melakukan pengecekan terhadap armada bus di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Senin (26/12/16). Pengecekan fisik kendaraan dilakukan untuk mengetahui kesiapan kendaraan bus dalam menghadapi libur akhir tahun ini.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polrestabes Bandung AKBP Asep Pujiyono memaparkan tujuan kegiatan pengecekan ini Operasi Lilin Lodaya dalam rangka Hari Natal dan Tahun Baru. Sejumlah bus yang masuk ke terminal dilakukan pemeriksaan oleh petugas Dishub dan Polantas Polrestabes. Kegiatan pengecekan kendaraan bus agar laik jalan ini dilakukan Senin pagi sejak pukul 09.00 WIB.

“Seperti diketahui jalur Jakarta – Bandung untuk golongan kendaraan bus dialihkan ke jalur lama Purwakarta-Padalarang. Kendaraan harus betul-betul safety. Apalagi Jembatan Cisomang di Jalan Tol Cipularang mengalami pergeseran. Makanya semua bis dialihkan ke Cikamuning, nanti keluar di wilayah Jatiluhur. Karena menggunakan Jalan Cikamuning-Plered Purwakrta yang mana jalur lama lebih kecil dibanding tol untuk itu bis harus betul-betul layak, lampunya panjang pendek maupun sein harus betul nyala, wiper, pengereman harus berfungsi, kalau enggak bisa mengakibatkan laka lantas. Oleh karena itu sebelum terjadi laka lantas harus dicek apakah laik atau enggak,” jelas Kasatlantas kepada wartawan di Terminal Leuwipanjang Bandung, Senin (26/12/16).

Seperti diketahui dari 10 kendaraan yang diperiksa, 1 kendaraan kurang layak jalan, seperti wiper ga jalan. Hal ini berbahaya apabila wilayah yang dilintasi sedang hujan. “Kita mencegah terjadinya kecelakaan, apalagi Jalan Cikamuning jalan biasa, banyak belokan tanjakan kecil, jadi harus bener-bener safety lampu dan lainnya,” tandas Asep.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close