Bale Kab Bandung

Polresta Bandung Luncurkan Inovasi Mantap Lawan Covid-19

Anggota Bhabinkamtibmas Polresta Bandung menunjukkan stiker yang dipasang di minimarket. by Humas Polresta

SOREANG, Balebandung.com – Guna mencegah penyebaran Covid-19 dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Polresta Bandung meluncurkan Program Mantap (Mandiri Sesuai Protap). Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan SIK mengatakan program ini sudah berjalan selama dua bulan.

“Dalam adaptasi kebiasaan baru ini, Polresta Bandung dua bulan lalu sudah meluncurkan Program Mantap atau Mandiri Sesuai Protap, hingga saat ini masih berjalan,” ungkap Kapolresta dalam rilisnya, Kamis, (20/8/2020)

Menurutnya selama pandemi Covid-19 berdampak luas terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat dunia. Dimana berbagai upaya-upaya memutus mata rantai Covid-19 belum maksimal atas jumlah penurunan penyebaran covid 19.

Setelah dicabutnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menghadapi fase adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, dengan Program Mantap yang diluncurkan Polresta Bandung dapat meningkatkan kesadaran masyarakat selama pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Bandung.

“Adanya Program Mantap ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi, edukasi, pendampingan kepada masyarakat dan pengelola tempat-tempat publik, agar selalu menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Program tersebut dilakukan dengan cara menempelkan stiker bertuliskan MANTAP di sejumlah titik. Di stiker juga tercatat nomor yang bisa dihubungi manakala ada lokasi atau tempat yang melanggar ketentuan Protap Kesehatan.

Selama dua bulan, sebanyak 858 lokasi yang terdiri dari pasar tradisional, supermarket, minimarket, tempat wisata, hingga tempat-tempat keramaian yang berpotensi menimbulkan klaster baru Covid-19, telah dilakukan melalui Bhabinkamtibmas jajaran Polsek. Termasuk juga sekolah, perkantoran dan tempat ibadah.

Kombes Pol Hendra Kurniawan SIK menyampaikan, dengan Program Mantap ini, Polresta Bandung selalu mendukung program pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

“Intinya dengan program ini, kami selalu memberikan himbauan dengan stiker mantap hingga ke perkampungan-perkampungan atau tingkat RT. Saya himbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung untuk selalu pakai masker, cuci tangan dan jaga jarak,” kata tandas Kombes Pol Hendra.

Ia berharap program yang sudah berjalan ini dapat maksimal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Selain Program Mantap, pihaknya juga aktif membagikan bantuan sosial kepada masyarakat berupa sembako maupun masker.

“Mudah-mudahan kita semua selalu dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Tetap semangat, jangan ada hoaks dan Corona di antara kita,” ucap Kapolresta. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close