Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBale BandungPolsek Cikancung Gercep Evakuasi Pohon Tumbang

Polsek Cikancung Gercep Evakuasi Pohon Tumbang

CIKANCUNG,balebandung.com – Akibat angin kencang disertai dengan turun hujan deras, sedikitnya lima pohon di Jalan Raya Cicalengka-Majalaya dan Jalan Ciluluk-Cijapati Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung tumbang, Selasa (24/1) siang pukul 14.00 WIB.

Kelima pohon tumbang itu, tiga pohon di Jalan Raya Cicalengka-Majalaya dan dua pohon di Jalan Ciluluk-Cijapati. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material dalam peristiwa tumbangnya kelima pohon di dua ruas jalan tersebut. Namun lalulintas kendaraan pun sempat terkendala akibat pohon tumbang tersebut.

Sekitar pukul 16.45 WIB, lalulintas kendaraan kembali lancar setelah kelima pohon itu dievakuasi tim gabungan.

Untuk mengevakuasi pohon tumbang itu, Kapolsek Cikancung AKP Carsono bersama jajarannya dan dibantu Tagana serta masyarakat secara bergotong royong mengevakuasi sejumlah pohon tumbang itu.

Untuk mengevakuasi pohon tumbang itu, jajaran petugas dari Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Cikancung, petugas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Bandung, Petugas Damkar dari Cicalengka, BPBD turut membantu mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Satu unit alat berat backhoe juga turut diterjunkan ke lokasi untuk memindahkan kayu yang berdiamter besar.

“Salah satu pohon tumbang yang menjadi perhatian kita, yakni mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Raya Cicalengka-Majalaya, tepatnya di depan Gardu Induk PLN Cikasungka Desa Mandalasari Kecamatan Cikancung,” kata Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo melalui Kapolsek Cikancung AKP Carsono di lapangan.

Carsono mengatakan, pohon tumbang itu dengan diameter sekitar 90 cm. “Pohon tumbang itu akibat diterjang angin kencang disertai hujan deras,” katanya.

Menurutnya, pohon tumbang di depan Gardu Induk PLN Cikasungka itu merupakan yang terbesar dari pohon-pohon lainnya yang turut tumbang.

“Untuk mengevakuasi pohon tumbang itu, kita langsung memotong pohon tumbang itu dengan alat golok. Setelah petugas Damkar datang ke lokasi, langsung membantu memotong pohon tumbang itu dngan menggunakan pemotong kayu atau chain saw,” ujar Carsono.

Kapolsek Cikancung mengatakan, proses evakuasi pohon tumbang dengan ukuran besar itu berjalan selama 1 jam.

“Kita pun dengan bersama-sama membersihkan ranting pohon supaya tidak menghambat arus lalu lintas. Saat ini pohon tumbang sudah dievakuasi dan arus lalu lintas sudah berjalan normal,” tuturnya.

Carsono pun menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat berkendara ketika ada angin kencang disertai hujan deras. “Lebih baik berhenti dulu, dan berteduh menunggu hujan reda dan angin tidak berhembus kencang,” katanya.***

 

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI