Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale KBBProgram Beasiswa Bappaku di KBB Jalan Terus

Program Beasiswa Bappaku di KBB Jalan Terus

ilustrasi pelajar menerima beasiswa
ilustrasi pelajar menerima beasiswa

NGAMPRAH – Meski pengelolaan SMA/SMK bakal diambil alih oleh Pemprov Jabar, namun Pemkab Bandung Barat tetap akan melanjutkan program Kartu Cermat Beasiswa Kuliah dan bantuan biaya personal peserta didik dari keluarga tidak mampu atau disingkat “Bapakku”.

“Kami tetap akan melanjutkan program Beasiswa Bapakku bagi siswa yang tidak mampu walaupun mulai 1 Januari 2017 nanti pengelolaan dan kewenangan SMA/SMK diambil oleh pihak provinsi,” terang Kepala Bidang SMA pada Disdikpora KBB Hasanuddin di Ngamprah.

Menurutnya beasiswa merupakan bantuan yang sifatnya personal atau langsung kepada siswa sehingga tetap dilanjutkan. Sedangkan bantuan yang dialokasikan ke sekolah itu yang dihentikan. Program beasiswa kuliah untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sudah berjalan selama tiga tahun, di mana tahun ini beasiswa diberikan kepada 75 orang siswa berprestasi dari keluarga tidak mampu. Pemkab Bandung Barat sendiri sudah menjalin kerjasama dengan lima PNT yakni ITB, Unpad, Polban, UPI, UIN, dan IPB.

Pemerintah mengalokasikaan anggaran antara Rp 60 juta sampai Rp 100 juta per mahasiswa. Besarannya sangat bergantung kepada biaya kuliah di masing-masing perguruan tinggi.  Bea siswa itu sudah termasuk dengan biaya hidup sehari hari dan menyewa kamar kos selama kuliah.

Sementara program Beasiswa Bapakku sebagai pelengkap dari program yang sudah ada dengan sasaran pemberian seragam, ongkos, dan sebagainnya. Melalui program Bapakku digulirkan bantuan  Rp 1.380.000 per siswa per tahun. Saat ini, jumlah penerima beasiswa ini sebanyak 5.926 siswa.

“Kami masih memikirkan apakah nantinya pos anggaran beasiswa ini masih tetap di Disdikpora atau dipindah ke SKPD lain seiring adanya perubahan pengelolaan SMA/SMK ini,” kata Hasanuddin. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI