Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBale JabarProgram Jabar Mengaji Lebih Dimassifkan

Program Jabar Mengaji Lebih Dimassifkan

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat meresmikan gedung baru SMA Al Masoem di Desa Cipacing, Kec Jatinangor, Kab Sumedang, Kamis (25/5). by iwa/bbcom
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan saat meresmikan gedung baru SMA Al Masoem di Desa Cipacing, Kec Jatinangor, Kab Sumedang, Kamis (25/5). by iwa/bbcom

JATINANGOR – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meresmikan gedung baru SMA Al Masoem di Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kamis (25/5/17). Gubernur berharap dengan persemian gedung ini Al Masoem bisa makin menghasilkan sumber daya manusia qurani yang bermoral dan profesional.

Pada kesempatan itu Aher mengatakan Pemprov Jabar pun menggelar program SMA/SMK Negeri Jabar Mengaji dan Menghafal Alquran. Menurutnya program ini sudah berjalan di lapangan dan bagi yang belum akan lebih dimassifkan dengan program ini.

“Dalam Program SMA/SMK Jabar Mengaji dan Menghafal Al Quran ini tiap SMA/SMK khususnya yang negeri seiring dengan pengalihan kelola SMA/SMK ke provinsi, nantinya diwajibkan setiap pagi di kelas untuk membaca Quran selama 15 menit, tanpa mengganggu mata pelajaran lainnya,” tandas Aher.

Ia menerangkan tujuannya untuk membangun generasi qurani yang cerdas dan bermental kuat. Sebab jika siswa memiliki jiwa yang tenang karena sering membaca alquran, maka tidak akan gampang terpengaruh hal yang negatif termasuk radikalisme yang membahayakan masyarakat.

Aher menambahkan program tersebut nantinya pun bisa diisi dengan muatan lokal seperti pelestarian lingkungan atau anti korupsi. Selama ini, lanut dia, sudah banyak kepala sekolah menerapkan program tersebut tanpa komando.

“Itu inisiatif kepala sekolah dan sudah banyak yang melaksanakan, tinggal kita memfasilitasinya. Mudah-mudahan gurunya juga bisa dilatih dulu, karena kalau mengandalkan guru agamanya saja tidak akan mencukupi,” ucapnya.

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI