Bale KBBHumaniora

Renovasi Masjid Agung Lembang Terbentur Anggaran

masjid lembangLEMBANG – Penyelesaian renovasi Masjid Agung Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang sudah dikerjakan sejak 2014 masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Pasalnya panitia pembangunan masih kekurangan anggaran sekitar Rp 1,7 miliar untuk merampungkan seluruh pekerjaan renovasi.

Ketua DKM Masjid Besar Lembang Deni Irawan mengatakan total kebutuhan untuk merenovasi masjid ini membutuhkan dana Rp 4 miliar. Saat ini dana yang tersedia dan sudah terpakai mencapai Rp 2,3 miliar yang merupakan bantuan dari Pemkab Bandung Barat Rp 1 miliar dan dari masyarakat Rp 1,3 miliar.

“Untuk menyelesaikan semua pekerjaan ini masih membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp 1,7 miliar semoga saja bisa tersedia karena kami hanya mengandalkan bantuan dari pemda dan juga infaq serta shodaqoh dari masyarakat,” tuturnya.

Awalnya, kata dia, masjid ini hanya satu lantai namun setelah dilakukan renovasi maka masjid ini akan menjadi dua lantai sehingga dilakukan rehab total yang mencakup atap masjid, menara, area parkir, dan seluruh area masjid juga ikut ditata. Karena itu memang anggarannya menjadi membengkak.

Terkait kebutuhan kekurangan anggaran itu, rencananya di tahun anggaran 2017 Pemkab Bandung Barat akan memberikan tambahan bantuan dana sebesar Rp 500 juta. Untuk sisanya maka diharapkan bisa tertutupi dari sumbangan dan infaq dari masyarakat yang peduli dan menginginkan agar renovasi ini cepat selesai. “Semoga saja kendala ini bisa cepat tertangani,” ucapnya.

Setelah dilakukan renovasi nanti maka luas lahan Masjid Agung Lembang mencapai 4.000 meter persegi. Adapun luas bangunannya mencapai 2.000 meter persegi. Sedangkan sebelumnya masjid ini haya mampu menampung sekitar 200 jemaah namun setelah ada renovasi nantinya jemaah yang bisa tertampung mencapai 1.500 orang. (fik)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close