Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale Kota BandungRidwan Dukung Ortu Antar Anak Sekolah di Hari Pertama

Ridwan Dukung Ortu Antar Anak Sekolah di Hari Pertama

by Meiwan Humas Pemkot Bandung
by Meiwan Humas Pemkot Bandung

BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil tidak khawatir jika Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bandung harus mengantar anaknya di hari pertama sekolah sesuai dengan anjuran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Ridwan mendukung apa yang disampaikan oleh kementerian tersebut.

“Gini logikanya, jadwal masuk sekolah kan dimulai setengah tujuh di banyak sekolah. Jam masuk PNS itu kan jam delapan. Jadi dengan selang satu jam setengah saja lebih dari cukup untuk mengatur waktu,” ungkap Ridwan saat ditemui di Bandung Command Center, Jumat (15/7/16).

Lagipula, imbuh Emil, Kota Bandung telah menerapkan sistem semi-zonasi terhadap sekolah-sekolah di Kota Bandung, di mana sebagian besar siswa bersekolah di tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Oleh karena itu, diperkirakan jangka waktu mengantar anak ke sekolah tidak akan mempengaruhi jam masuk para ASN. “Dengan logika teknis ini, maka tidak ada masalah,” katanya.

Secara pribadi, Ridwan setuju dengan kebijakan Kemendikbud tersebut. Sebagai orangtua, ia mengerti anak-anak perlu diberi motivasi saat pertama kali masuk ke lingkungan sekolah yang baru. “Sebagai orangtua, anak yang sekolah hari pertama itu masih minder, masih kagok, masih takut,” paparnya. Menurutnya kehadiran orang tua penting untuk menguatkan psikologis anak.

Ridwan sendiri tidak risau para ASN yang memiliki anak usia sekolah akan datang terlambat pada hari pertama sekolah dengan alasan mengantar anaknya. Sebab dengan kebijakan yang telah dibuatnya, kecil kemungkinan bagi para ASN untuk datang terlambat.

“Saya tidak melihat keterlambatan itu akan hadir, karena Kota Bandung ini ukuran kotanya tidak terlalu besar,” jelasnya. Ia melanjutkan, “Kan bukan mendampingi, cuma mengantar, di-drop saja, peluk cium, menyemangati, gitu.” Ridwan pun akan memberikan toleransi kepada ASN yang benar-benar telah mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama pada tanggal 18 Juli nanti.

Himbauan untuk mengantar anak di hari pertama sekolah tersebut berasal dari Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah. Menurut surat tersebut, hari pertama sekolah menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orang tua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Hal ini dalam rangka kampanye yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah serta mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yang lebih positif dan menyenangkan.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI