Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale Kota BandungRidwan Kamil; PPDB Tahun Ini Harus Sempurna

Ridwan Kamil; PPDB Tahun Ini Harus Sempurna

ppdb16BANDUNG – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menginstruksikan agar pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini harus sempurna. “Tahun ini harus tahun sempurna,” pinta Ridwan pada Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung, saat Sosialisasi Peraturan Wali Kota tentang PPDB di Hotel Grand Royal Panghegar, Kamis (26/5/16).

Menurut Ridwan, evaluasi terhadap penyelenggaraan PPDB tahun lalu adalah adanya kesalahan pada proses sosialisasi. “Induk dari permasalahan di dunia ini adalah miskomunikasi (kesalahan komunikasi). Salah mempersepsi dijadikan kesimpulan, kesimpulan di bawah emosi,” papar Ridwan.

Pada proses sosialisasi tahun lalu, Disdik memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan terlalu general. Sementara itu, kondisi sosial yang dihadapi masyarakat, terutama siswa, berbeda-beda. Oleh karena itu, masyarakat dinilai kurang paham peraturan PPDB sesuai dengan permasalahan yang dihadapi sehingga banyak menimbulkan dinamika.

Mencegah hal tersebut kembali terulang, Ridwan menekankan agar sosialisasi lebih komprehensif dan mendetil. “Sosialisasi lebih intensif. Ada sepuluh rute. Kalau dulu kan sosialisasi seolah-olah si masyarakat ini paham dengan generalisasi rute tadi. Sekarang mah 10 rute,” terang Ridwan.

Rute yang dimaksud adalah klasifikasi jalur PPDB berdasarkan kriteria, diantaranya jalur afirmasi RMP, jalur prestasi, jalur akademik, jalur peserta didik dilindung undang-undang guru, peserta didik berkebutuhan khusus, dan sebagainya.

Disdik Kota Bandung telah menyiapkan berbagai instrumen sosialisasi, baik berupa brosur maupun poster. Ridwan telah menginstruksikan agar setiap jalur masuk dijelaskan dalam instrumen tersendiri sehingga lebih mudah dipahami masyarakat.”Setiap jalur ada posternya,” ucapnya.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI