Example
Bale JabarGaya HidupKesehatan

Tips Penyimpanan Parfum/Pewangi agar Aromanya Tahan Lama

Dr. Keri L Dandan Msi. Apt, Pusat Studi Pengembangan Pelayanan Kefarmasian Fak, Farmasi UNPAD.

Balebandung.com – Ada beberapa hal yang bisa merusak kandungan parfum sehingga membuat aromanya berkurang atau warnanya berubah. Aroma parfum menjadi berumur pendek karena salah menyimpan.

Perubahan suhu dan paparan sinar matahari dapat membuat konsentrasi wewangian dalam parfum berkurang. Kandungan parfum sangat sensitif terhadap panas.

Menurut Fragrance Foundation, parfum sebaiknya tidak disimpan dalam suhu yang terlalu panas atau dingin karena bisa menganggu keseimbangan formula. Fluktuasi perubahan suhu dapat merusak kandungan parfum. Hanya cologne yang cocok disimpan di dalam lemari pendingin. Menyimpan parfum di mobil atau di atas meja rias yang terpapar cahaya juga bukan pilihan yang baik.

Kelembapan juga bisa membuat umur parfum semakin pendek. Selain itu, untuk Anda yang sering mandi air panas, uap yang memanaskan ruangan saat mandi bisa memicu oksidasi dan perubahan warna pada parfum. Karena itu, hindari menyimpan parfum di kamar mandi dan pastikan selalu menutup botol parfum usai menggunakannya.

Dengan demikian, parfum sebaiknya disimpan di dalam laci atau lemari tertutup. Usahakan simpan dalam suhu kamar yang tidak terlalu panas atau dingin. Sebaiknya parfum selalu disimpan dalam dus aslinya apalagi jika akan meletakkannya di tempat yang terpapar cahaya matahari.***

by Dr. Keri L Dandan Msi. Apt., Pusat Studi Pengembangan Pelayanan Kefarmasian Fak, Farmasi UNPAD.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close