Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiUKM di Cimahi Dilatih Internet

UKM di Cimahi Dilatih Internet

UKM-inetCIMAHI – Berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membuat para pelaku UKM harus bisa lebih kreatif dalam melakukan pemasaran. Sudah jadi tuntutan zaman para pelaku usaha beradaptasi dengan pasar global yang semakin kompetitif dan juga melek teknologi.

Kabid Pengelolaan Data Elektronik (PDE), Kantor Arsip, Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) Cimahi, Irwan Nugraha mengatakan internet marketing atau e-Commerce atau marketing online sudah jadi fenomena pemasaran di era kompetisi global. Di mana penggunaan TIK sudah jadi suatu gerakan massal yang dilakukan produsen, marketing dan konsumen.

“Ada perubahan pola di konsumen dan juga para pelaku usaha di mana cara-cara konvensional mulai ditinggalkan dan beralih ke teknologi yang memanfaatkan internet,” terang Irwan.

Untuk itu para pelaku UKM di Cimahi harus bisa mengeksplorasi dan berkreatif menggunakan TIK dalam pemasaran. Sebab jika tidak dilakukan, mereka tidak akan mampu bersaing hingga akhirnya akan gulung tikar.

Guna mendorong pelaku UKM di Cimahi bisa memanfaatkan TIK pihaknya sudah melakukan pelatihan dan pembekalan IT kreatif. Peserta yang terdiri dari berbagai pelaku UKM dan berjumlah 75 orang diberi berbagai materi seperti pengenalan internet marketing, pengenalan sosial dan media merketing.

“Pendidikan dan pelatihan itu mencakup digital publik relation, pengenalan website marketing, pelatihan pembuatan website/blog e-Commerce, Pengenalan hosting website, serta Pelatihan SEO dan sosial media marketing,” sebutnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI