Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale CimahiDamkar Cimahi Minim Personil

Damkar Cimahi Minim Personil

net
net

CIMAHI – Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan skill para anggota pemadam kebakaran UPT Damkar Cimahi terus malakukan pelatihan dan penguatan SDM-nya.

Kepala UPTD Damkar Cimahi Herry Setiawan menyebutkan dalam setahun minimal pihaknya menggelar empat kali latihan untuk mengembangkan keterampilan anggota. Tanpa ditunjang dengan adanya latihan maka keterampilan para anggotanya tidak akan terasah dengan baik.

“Untuk penanganan kebakaran tidak bisa hanya mengandalkan naluri saja, tapi juga harus punya pengetahuan dan itu semua hanya bisa diperoleh dengan latihan yang kontinyu,” terang Herry.

Terlebih bencana kebakaran sifatnya bisa terjadi sewaktu-waktu dan tidak mengenal tempat maupun waktu. Untuk itu setiap petugas pemadam harus siap kapanpun mereka untuk diterjunkan ke lokasi. Hanya saja karena petugas juga manusi,a maka perasaan waswas, takut, panik dan lainnya, akan tetap muncul sehingga perlu dilatih bagaimana menghilangkan hal tersebut.

Disinggung jumlah personel, Herry menyebutkan jika saat ini SDM petugas Damkar Kota Cimahi masih kurang. Namun pihaknya tetap memaksimalkan petugas yang ada agar hal tersebut tidak jadi alasan untuk penanganan kebakaran. Sementara untuk menunjang kebutuhan dalam penanganan kebakaran, pihaknya memiliki sembilan mobil pemadam, dua mobil komando dan dua motor rescue.

“Idealnya kita punya 128 anggota di mana perbandingannya 1 orang petugas melindungi 5.000 penduduk. Namun untuuk saat ini personel yang ada baru 48 orang,” sebutnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI