Bale JabarOlahraga

Yuk, Ikut Lomba Foto Peparnas Jabar Berhadiah Rp32 Juta

lomba-foto-peparnasBANDUNG – Dalam rangka pelaksanaan pesta olahraga penyandang disabilitas Peparnas XV 2016, Panitia Peparnas mengadakan lomba foto bertema “Lampaui Keterbatasan, Jadilah Juara” berhadiah total sebesar Rp32 juta. Juara I akan mendapat hadiah Rp10 juta, Juara II mendapat Rp7 juta, Juara III mendapat Rp5 juta. Lebih dari itu akan ada 10 nominasi terbaik yang akan mendapat hadiah @Rp1 juta.

Lomba ini terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia berumur 15 tahun ke atas dan berdomisili di Indonesia tanpa kewajiban mendaftar dan bebas biaya. Foto yang boleh diikutkan dalam lomba adalah foto yang dijepret saat Peparnas XV berlangsung di lokasi pelaksanaan, yaitu pada 15-24 Oktober 2016.

Panitia Lomba Foto Peparnas Jabar Putri Nastiti menyatakan panitia akan mendiskualifikasi foto di luar ketentuan itu. “Fotografer dilarang menggunakan flash atau blit saat memotret,” tandas Putri dalam rilisnya, Selasa (18/10/16).

Setiap peserta wajib melampirkan data diri lengkap; yaitu nama, alamat lengkap, dan nomor telepon rumah atau telepon seluler yang bisa dihubungi. Lampirkan juga hasil scan atau hasil foto KTP. “Tanpa memenuhi persyaratan ini, peserta akan digugurkan,” imbuh Putri.

Karya yang dilombakan adalah foto tunggal, bukan foto story atau seri, dengan ukuran sisi terpanjang minimal 3.000 pixel dan resolusi minimal 300dpi dalam format JPG (soft file). “Panitia tidak menerima kiriman foto tercetak.

“Peserta dapat mengajukan maksimal lima (lima) foto dengan disertai judul dan lokasi pengambilan foto,” terang Putri. Lantas foto dikirim ke lombafotopeparnas@gmail.com paling lambat Rabu, 26 Oktober 2016.

Teknis penamaan foto adalah: Judul foto_lokasi pengambilan foto_nama lengkap peserta_nomor telepon/HP. Contoh: Maju Terus Pantang Mundur_Arena Saparua Sport Parka, Bandung_Pandji Soerjo_0888-888-888.

“Karya foto yang dikirim merupakan karya asli dan milik sendiri, tidak rekayasa, dan belum pernah meraih penghargaan,” sebut Putri.

Karya foto juga bukan merupakan hasil manipulasi digital, penyuntingan minor diperbolehkan sebatas cropping dan penyesuaian pencahayaan “brightness/contrast/level/curve untuk gelap/terang. Editing berlebihan yang dianggap telah mengubah bentuk atau warna asli foto akan digugurkan.

“Pengambilan foto harus menggunakan kamera DSLR atau kamera mirrorles. Pengambilan foto dengan kamera HP, Go Pro atau sejenis dan kemera “drone” tidak diperkenankan ikut lomba. Tidak diperkanankan menambahkan tulisan atau gambar pada foto,” kata Putri.

Menurutnya, karya foto yang sudah dikirimkan jadi hak milik panitia dan tidak akan dikembalikan. Panitia Peparnas XV berhak menggunakan foto peserta sebagai bagian dari publikasi non-komersil, seperti brosur program atau informasi pelayanan dan publikasi terbatas pada media sosial lembaga.

Ketentuan penggunaan foto akan diatur kemudian dengan tetap mencamtumkan nama fotografer. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Putri Nastiti (081313411113) atau kunjungi www.pon-peparnas2016jabar.go.id, antarafoto.com atau antarajabar.com.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close