Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale Bandung20 Rumah Warga Ibun Jebol Diterjang Banjir

20 Rumah Warga Ibun Jebol Diterjang Banjir

bb-rmh-jebol-ibunIBUN – Hujan deras sejak Minggu (22/5) malam hingga Senin (23/5/16) dinihari menyebabkan banjir di wilayah Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Dilaporkan sedikitnya 20 rumah warga Desa Tanggulun rusak berat akibat dijebol banjir yang juga menghancurkan seluruh barang harta milik warga korban banjir.

Bahkan di Desa Mekarwangi Kecamatan Ibun ada satu rumah warga yang ambruk diterjang banjir dan longsor juga melanda rumah warga di Desa Dukuh. Lebih dari itu terjadi longsor yang menimpa rumah Ayi (43) warga Kp Ciandong RW 10 Desa Dukuh Kec Ibun dan terjadi pula retakan atau pergeseran tanah di sekitar rumah Ayi.

Kepala Unit Satpol PP Kecamatan Ibun Tatang Supriatna mengatakan, banjir melanda Desa Tanggulun sejak pukul 06.00 WIB Senin (23/5) hingga beranjak siang dengan ketinggian air antara 30 -100 meter.

“Banjir tersebut dipicu turunnya hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur di wilayah Ibun dan pegunungan sejak Senin (23/5) dini hari pukul 02.00 wib. Sehingga aliran Sungai Citarum tidak mampu menampung debit air dan akhirnya meluap ke jalan serta pemukiman warga,” kata Tatang kepada Balebandung.com.

Akibat dari kejadian jalur lalu lintas terputus dan banjir merendam pemukiman warga hingga sore hari.”Hasil assesment seluruh wilayah ada 7 RW di Desa Tanggulun terendam, dengan korban banjir 3.861 jiwa atau 1.150 KK. Dari assesment kami juga terdata di 2 RW kami menemukan 9 rumah yang jebol di RW 3 dan RW 4.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI