Bale KBBPeristiwa

3 Jembatan di KBB Rusak Diterjang Banjir Bandang

jembatan putusCILILIN – Tiga jembatan di Kecamatan Cililin dan Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak parah akibat diterjang banjir bandang. Tidak hanya itu sejumlah rumah dan ratusan hektar lahan padi pun rusak diterjang banjir yang terjadi pada Rabu (20/4/16) malam.

Jembatan yang rusak itu terdapat di Kampung Bonceret, Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin. Kemudian di Kampung Nangewer, Desa Cikadu, Kecamatan Sindangkerta, dan terakhit jembatan di Kampung Pasir Eurih, Desa Wangunsari, Kecamatan Sindangkerta.

“Tiga jembatan itu rusak akibat diterjang banjir bandang pada Rabu malam sekitar pukul 21.30 WIB,” kata Kapolsek Cililin AKP Dedy T Sunarya, Kamis (21/4/16).

Untuk menghindari warga melintasi jembatan yang rusak itu, imbuh Dedy, pihaknya terpaksa memasang garis polisi. Sebab kerusakan jembatan akibat banjir bandang itu sangat parah sehingga dikhawatirkan jika masih dilewati akan ambruk total dan menelan korban jiwa.

“Kondisi lapisan tanahnya terus tergerus yang menyebabkan posisi jembatan lambat laun bergeser. Apalagi saat ini hujan terus setiap hari turun dengan intensitas yang sangat tinggi,” beber kapolsek.

Akibat dari peristiwa ini maka akses jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Sindangkerta dan Cililin lumpuh. Kalaupun warga hendak melintas maka harus memutar dengan jarak yang sangat jauh.

“Kalau lewat jembatan ini paling untuk bisa sampai di Jalan Raya Cililin sekitar satu kilometer, tapi kalau harus memutar jaraknya bisa mencapai delapan kilometer,” kata Dedy. (fik)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close