Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale KBB36.874 Warga KBB Belum Tercover BPJS

36.874 Warga KBB Belum Tercover BPJS

bpjsNGAMPRAH – Hingga kini masih ada sekitar 36.874 warga miskin kategori Pra KS dan KS 1 di Kabupaten Bandung Barat yang belum terpenuhi kebutuhan kesehatannya oleh Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Pupu Sari Rohayati mengatakan, pemerintah menargetkan warga miskin yang masuk JKN BPJS PBI sebanyak 107.642 orang. Dimana saat ini yang sudah masuk kepersertaan BPJS  jumlahnya mencapai 70.768 orang.

“Masih banyak warga yang belum tercover oleh JKN BPJS PIB ini karena tidak serta merta peserta jamkesda menjadi peserta BPJS PIB karena harus melalui tahap verifikasi terlebih dahulu,” ucapnya.

Pupu menyebutkan bagi 36.874 warga yang belum tercover BPJS tetap mendapat jaminan kesehatan dari Pemkab Bandung Barat dalam bentuk program Jamkesda. Namun untuk peserta jamkesda ini akan mendapat layanan kesehatan dengan batas maksimal Rp 6 juta.

Sedangkan untuk sisa peserta jamkesda secara bertahap akan dimutasi ke program BPJS.  Dimana hasil adendum yang dilakukan BPJS Kesehatan,  mulai tahun 2016 mutasi akan dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April, Juni, dan September 2016.

“Penambahan mutasi ini diharapkan bisa mempercepat proses integrasi dari kepersertaan jamkesda ke BPJS PIB,” ucapnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI