Bale CimahiPamong

Disnakertransos Waspadai Eksodus Gepeng Musiman

anak jalananCIMAHI – Setiap memasuki bulan puasa dan lebaran gelandangan dan pengemis (gepeng) musiman dari luar kota sering datang dan mangkal di Kota Cimahi. Pemandangan seperti itu seolah rutin terjadi setiap tahunnya terutama bisa dilihat di beberapa titik sudut Cimahi seperti pasar, toko pusat perbelanjaan, dan juga masjid-masjid besar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Cimahi Supendi Heryadi mengakui setiap memasuki puasa atau lebaran jumlah gepeng dan juga anak jalanan di Cimahi selalu meningkat. Hal itu yang menjadi pekerjaan rumah pihaknya untuk bisa menertibkan keberadaan mereka.

Meningkatnya jumlah gepeng dan anak jalanan di bulan puasa karena mereka memanfaatkan momentum banyaknya orang yang bersedekah di bulan puasa. Terkait hal ini pihaknya terus melakukan upaya dalam meminimalisir keberadaan gepeng dan anak jalanan. Salah satunya dengan bekerja sama dengan masyarakat sebab jika untuk penertiban ada SKPD terkait yang lebih berwenang yakni pihak Satpol PP.

“Kami terus berkoordinasi dengan Satpol PP dan juga komunitas warga agar kebereadaan gepeng ini tidak meresahkan dan mengganggu ketertiban umum,” ujarnya. [fik]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close