Bale Kab BandungPeristiwa

Ada Demo di Hari Jadi ke-376 Kab Bandung

Puncak peringatan Hari Jadi ke-376 Kab Bandung diwarnai aksi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah pemuda dan mahasiswa di depan Lapang Upakarti Soreang, Kamis (20/4/17). by iwa/bcom
Puncak peringatan Hari Jadi ke-376 Kab Bandung diwarnai aksi unjuk rasa yang dilakukan sejumlah pemuda dan mahasiswa di depan Lapang Upakarti Soreang, Kamis (20/4/17). by iwa/bcom

SOREANG – Puncak peringatan Hari Jadi ke-376 Kabupaten Bandung diwarnai aksi unjuk rasa yang dilakukan beberapa pemuda dan mahasiswa dari berbagai komunitas. Dengan dijaga petugas polisi dan Satpol PP Kab Bandung, mereka berorasi bergiliran di depan Lapang Upakarti Soreang, di mana puncak peringatan dipusatkan.

Koordinator aksi unjuk rasa Yadi Supriatna mengatakan, di tengah masalah banjir tak kunjung selesai, selama ini Pemerintah Kabupaten Bandung tidak bijaksana dalam menggunakan anggaran pembangunannya.

“Mereka masih disibukkan dengan berbagai kegiatan seremonial yang gemerlap, namun pada kenyataannya tidak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ungkap Yadi. Ia menuding ketidakpekaan para penyelenggara pemerintahan di Kabupaten Bandung ini tidak sejalan dengan cita-cita para pendiri negara.

Aksi unjuk rasa yang digagas Pergerakan Pemuda Kabupaten Bandung (PPKB), Kesatuan Mahasiswa Kabupaten Bandung (KMKB) serta berbagai komunitas lainnya di Kabupaten Bandung itu, mempertanyakan optimalisasi berbagai sektor pembangunan.

“Kabupaten Bandung Barat yang belum lama berpisah dari Bandung induk saja sudah lebih maju. Baik itu di bidang pertanian, pariwisata, ketahanan pangan dan lainnya. Apa kabar dengan Kabupaten Bandung yang setiap tahun hari jadinya diperingati secara mewah, gemerlap dan dilaksanakan selama beberapa minggu itu,”kata Yadi.

Padahal, lanjut Yadi, Kabupaten Bandung ini kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang potensial. Tapi sayangnya, pemerintah tidak bisa memanfaatkannya dengan baik dan bijaksana. Bahkan, pemerintah mengajak masyarakat untuk melupakan berbagai permasalahan yang ada dengan gemerlapnya perayaan hari jadi ke-376.

Sementara itu, di Lapangan Upakarti Komplek Pemkab Bandung dan sekitarnya, tengah berlangsung berbagai kegiatan perayaan Hari Jadi Kabupaten Bandung. Saat aksi unjuk rasa berlangsung, Bupati Bandung Dadang M Naser tengah menerima penghargaan dari Musieum Rekor Indonesia (MURI) dalam kegiatan rampak tarompet Sunda, yang dimainkan 100 orang seniman peniup terompet.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close