Bale Kota BandungOlahraga

Akhirnya Api PON Nyampe Juga di Kota Bandung

Kirab Api PON dan Peparnas 2016 sampai di Kota Bandung, diserahkan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (16/9). by Meiwan Humas Pemkot Bandung
Kirab Api PON dan Peparnas 2016 sampai di Kota Bandung, diserahkan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (16/9). by Meiwan Humas Pemkot Bandung

BANDUNG – Kirab Api PON dan Peparnas 2016 sudah sampai di Kota Bandung sebagai Ibukota Provinsi Jawa Barat. Api PON diserahkan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Plaza Balai Kota Bandung, Jumat (16/9/16). Api PON dan Peparnas itu lalu diserahkan lagi ke Iie Sumirat, pebulutangkis legendaris Kota Bandung.

Api yang sebelumnya dibawa secara estafet dari Kabupaten Bandung oleh 19 orang atlet itu lantas diberangkatkan kembali menuju Lapangan Gasibu Kota Bandung untuk diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Api tersebut dibawa oleh Ricky Subagja, atlet bulu tangkis legendaris Kota Bandung.

Ridwan Kamil mengatakan, dalam menghadapi PON dirinya telah menyemangati atlet Kota Bandung. Hingga Jumat ini (16/9) atlet Kota Bandung telah menyumbangkan 5 emas untuk Jawa Barat. “Dari catatan statistik, 40% peraihan medali Jawa Barat biasanya disumbangkan oleh atlet-atlet yang berasal dari Bandung. Ini yang kita jaga, kita banggakan,” ungkap Ridwan.

Selain itu, suasana kemeriahan dalam menyambut ajang olahraga terbesar di Indonesia ini juga telah terasa di Kota Bandung, mulai dari pemasangan umbul-umbul, berbagai media publikasi, hingga hiasan bendera hijau-kuning-biru di pohon-pohon di sepanjang jalan protokol.

“Kita ada greatsale juga. Kebetulan juga PON ini berbarengan dengan rangkaian Hari Jadi Kota Bandung yang ke-206. Jadi kemeriahan ada di mana-mana,” tambah Ridwan.

Tak hanya itu, Ridwan mengatakan Kota Bandung juga telah menunjukkan kesiapan dan dukungan untuk pelaksanaan pembukaan PON di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Infrastruktur serta kebutuhan teknis telah dibantu Pemkot Bandung. Salah satunya adalah kebutuhan kelengkapan ruang VIP untuk Presiden Jokowi, yang akan hadir membuka acara.

Ridwan Mengaku sudah memboyong semua kursi di kediamannya di Pendopo Kota Bandung untuk kursi VIP presiden. “Jadi sekarang saya ngampar di pendopo. Demi ruang VIP pembukaan representatif,” selorohnya.

Janjikan Pekerjaan

Sebagai walikota, Ridwan turut memperhatikan masa depan para atlet yang telah berdedikasi di Kota Bandung. Ia mengaku telah menyampaikan kepada Ketua KONI agar jangan sampai ada atlet yang pindah daerah karena alasan kesejahteraan.

“Jadi saya bilang tolong tuliskan aspirasinya mau kerja di mana, nanti sebagai wali kota saya upayakan agar hidup mereka tuntas di Bandung. Tidak usah khawatir,” tutur Ridwan.

Apalagi kini tidak sulit untuk bisa kerja di lingkungan Pemkot Bandung. “Sekarang tidak harus PNS untuk menjadi pegawai pemkot. Ada namanya P3K, pegawai pemerintah berdasarkan kontrak. Jadi sebenarnya oleh Undang-undang ASN diberi keleluasaan kita merekrut mereka-mereka yang dianggap perlu dibantu atau perlu bekerja di Kota Bandung,” ungkapnya.

Hal ini didukung oleh Ketua DPRD Kota Bandung Isa Subagdja. “Itu sebuah harapan bagi para atlet untuk terus berkarir di Kota Bandung, karena ada jaminan untuk dia juga bisa bekerja dan lain sebagainya,” tutur Isa.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close