Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale KBBAneh, Proyek Jalan Siluman Tak Diketahui Dinas Bina Marga KBB

Aneh, Proyek Jalan Siluman Tak Diketahui Dinas Bina Marga KBB

Jl Saguling KBB
Jl Saguling KBB

SAGULING – Proyek pembangunan Jalan Purabaya-Jati-Saguling di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dikerjakan oleh kontraktor ‘siluman’. DiSEBUT BEGITU karena pihak Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan (DBSDAP) KBB mengaku tidak mengetahui siapa pelaksana proyek tersebut.

“Kami sedang menelusuri siapa yang mengerjakan proyek di Jalan Purabaya-Jati-Saguling,” kata Kepala DBSDAP KBB Adang Rahmat Syafaat, Senin (7/3/16).

Adang mengaku kini pengerjaan proyek itu untuk sementara waktu dihentikan. Sebab kontraktor pelaksana sebelumnya PT Imemba Contractors telah di-black list akibat tak mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan standar.

Karena itu, lanjut Adang, ada kejanggalan jika tetiba jalan tersebut ada yang mengerjakan kembali dan tidak sesuai dengan prosedur. Pengerjaan yang sudah dilakukan yakni berupa pembetonan sepanjang 500 meter dan itu tidak diketahui oleh pihaknya.

“Pengerjaan itu sudah berlangsung satu minggu dan kami tidak tahu siapa yang mengerjakannya. Masyarakat sekitar juga ada yang protes karena lubang jalan ditutup dengan batu bercampur lumpur, sehingga ketika hujan turun membuat jalan menjadi becek,” tuturnya.

Untuk itu Adang sudah memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan dan mencari tahu siapa yang melaksanakan pekerjaan itu. Padahal saat ini lelang untuk pengerjaan jalan itu sedang dilakukan. Begitupun ketika pihaknya menanyakan ke pihak PT Imemba Contractors, mereka mengaku tidak terlibat dalam pengerjaan jalan itu.

Adang curiga yang melanjutkan pekerjaan itu merupakan sub kontraktor. Kecurigaan ini mengacu pada banyaknya sub kortaktor yang ikut terlibat dalam proyek bernilai Rp 23 miliar tersebut dengan panjang jalan mencapai 16 kilometer.

“Kami sudah panggil Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang lama dan pejabat lainnya, apakah ada keterlibatan pejabat di DBSDAP terkait proyek pekerjaan itu atau tidak,” ungkap Adang. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI