Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale Kota BandungBandung Ingin Tampil Beda di Munas Apeksi

Bandung Ingin Tampil Beda di Munas Apeksi

Para wakil walikota yang tergabung dalam Apeksi berfoto bersama saat launching Munas V Apeksi di Jambi, Selasa (8/3/16).ist
Para wakil walikota yang tergabung dalam Apeksi berfoto bersama saat launching Munas V Apeksi di Jambi, Selasa (8/3/16).ist

BANDUNG – Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil ingin Bandung tampil beda di Munas APEKSI (Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupate/Kota Seluruh Indonesia) yang akan digelar di Kota Jambi 27-28 Juli 2016. Ridwan mengarahkan untuk kegiatan Munas APEKSI, khsusunya dalam bidang promosi kebudayaan harus maksimal.

“Saya mau ketika pameran kebudayaan diselengarakan, penampilan Kota Bandung harus maksimal, tidak biasa-biasa saja,” ujar walikota saat menerima laporan dari Asisten Pemerintahan Kota Bandung Priana Wirasaputra di Pendopo Jalan Dalem Kaum Bandung, Jumat (15/7/16).

Sebab menurut Emil dengan pengalaman yang sudah-sudah, penampilan tiap daerah pasti hampir sama, seperti pakaian daerah dan keseniannya. “Nah, dari pengalaman yang sudah, kita ketahui Kota Bandung harus menampilkan yang maksimal berbeda dengan yang lain, sepeti Barongsay Sunda, pakaian budaya sunda yang kekinian, pokoknya berbeda dengan yang lain,” tandasnya.

Ridwan menambahkan, Munas APEKSI tahun ini Kota Bandung yang utama yaitu performa untuk tampil. Sebab ketika orang-orang menikmati penampilan yang maskimal, maka orang-orang akan terkagum melihatnya.

“Dari situlah masyarakat yang melihat bisa menilai bahwa Kota Bandung penuh dengan kreatifitas, tunjukan inovasi keterampilan sehingga Kota Bandung bisa diingat oleh warga yang ada di Kota Jambi,” jelasnya.

Dengan orang-orang kreatif, informasi yang diberikan secara lengkap mengenai Kota Bandung membuat masyarakat mengetahuinya dengan jelas, “Kita berikan saja seperti produk-produk lokal khas Bandung dan pesan informasinya seperti foto-foto BCC (Bandung Command Center) dan taman-taman di Kota Bandung” sebutnya.

Asisten Pemerintahan Kota Bandung Priana Wirasaputra mengatakan di Munas Apeksi ada dua kegiatan, antara lain kegiatan pokok dan kegiatan tambahan. Menurut rencana akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi beberapa menteri.

Kegiatan pokoknya yaitu pemilihan Dewan Pengurus dan Pengawas APEKSI massa bakti 2016-2020 lalu membahas kebijakan program kerja kegiatan APEKSI 4 tahun ke depan dan menyusun rekomendasi Munas APEKSI.

“Mudah-mudahan dengan agenda yang sudah ada, Munas APEKSI ini berjalan dengan lancar, khusus untuk Kota Bandung kita bisa memberikan hasil yang maksimal,” ucap Priana.

Kegiatan tambahan akan berlangsung pameran Indonesia City Expo merupakan promosi seluruh kota di Indonesia yang akan menampilkan produk-produk unggulan dari masing masing daerah.

“Selanjutnya kegiatan tambahan kedua, Pawai Budaya Nusantara yang diikuti para walikota dan isteri berpakaian khas daerah, berjalan kaki dari halaman kantor Walikota Jambi menuju gelanggang olahraga Kota Baru Jambi yang merupakan tempat pembukaan Indonesia City Expo,” paparnya.

Priana menambahkan, selain pawai budaya, kegiatan ini akan menampilan kesenian daerah, di panggung terbuka di area Indonesia City Expo serta penanaman pohon khas daerah. “Masing-masing kota membawa dua pohon, ditanaman oleh walikota yang bersangkutan, penanaman ini berlokasi di Taman Hutan Kota Jambi,” jelas Priana.

Menurutnya, kegiatan Apeksi ini dapat menjadi promosi daerah sekaligus ajang pameran bagi UMKM dan seni budaya baik dari Kota Bandung maupun dari kota lain di Indonesia. “Kegiatan ini juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkas Priana.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI