Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiBayi yang Tak Dibawa ke Pos PIN di Cimahi akan Disweeping

Bayi yang Tak Dibawa ke Pos PIN di Cimahi akan Disweeping

CIMAHI, Balebandung.comPemkot Cimahi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi akan melakukan sweeping terhadap bayi lima tahun (balita) yang belum diimunisasi. Hal ini terkait dengan adanya gerakan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang akan berlangsung tanggal 8 hingga 15 Maret 2016.

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi Fitriani Manan mengatakan sweeping atau jemput bola akan dilakukan petugas puskesmas dengan mendatangi rumah-rumah warga. Itu akan dilakukan bersamaan dengan kegiatan PIN Polio ini. “Jika ada bayi yang belum diimunisasi atau yang tidak datang akan kami sweeping dan suruh orang tuanya untuk melakukan imunisasi ini,” ucapnya, Senin (29/2/2016).

Tindakan sweeping atau jemput bola ini dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah penduduk secara langsung. Sebab bukan tidak mungkin ada sebagian orangtua yang memiliki balita namun tidak mau atau malas mengimunisasi balitanya ke pos pelayanan PIN yang tersedia.

Menurutnya bagi bayi yang tidak diimunisasi maka daya tahan tubuhnya akan melemah, sehingga rawan datang penyakit, terutama penyakit polio. Sedangkan pada pelaksaaan PIN tahun ini, Pemkot Cimahi menargetkan 53.200 balita berusia 0 hingga 59 bulan, bisa mendapatkan imunisasi antipolio.

“Kami menargetkan 53.200 balita bisa ikut program PIN ini, untuk itulah kami telah menyiapkan 433 pos pelayanan PIN yang tersebar di seluruh posyandu, puskesmas dan rumah sakit,” sebutnya.*** (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI