Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale KBBBBPKK Lembang-Gapekkhi Siap Cetak Wirausaha Petani Kopi

BBPKK Lembang-Gapekkhi Siap Cetak Wirausaha Petani Kopi

bbppk lembangLEMBANG – Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK dan PKK) Lembang sebagai inkubasi bisnis, siap mencetak wirausaha petani kopi di Jawa Barat. Selama ini para petani kopi hanya bisa bertani kopi namun kurang minat atau memiliki kemampuan untuk berwirausaha di bidang kopi.

“Selama ini kan petani kopi hanya bisa bertani kopi kemudian menjualnya. Nah, kita akan membuat satu terobosan karena kopi ini merupakan bidang yang baru bagi BBPPK, untuk menciptakan wirausaha bagi para petani kopi, sesuai dengan tupoksi dari BBPPK dan PKK untuk bisa mencetak para wirausaha,” kata Kepala BBPPK dan PKK Lembang Nana Mulyana kepada Balebandung.com di Kantor BBPPK Lembang, Kab Bandung Barat, Minggu (22/5/16).

Untuk mewujudkan pelatihan wirausaha bagi para petani kopi itu, imbuh Nana, pihaknya akan menggandeng stakeholder terkait dan para pakar kopi, termasuk dengan para petani kopi khususnya yang tergabung dalam Gabungan Petani Kopi Kebun dan Hutan Indonesia (Gapekkhi).

“Jadi BBPPK akan berkolaborasi dengan Gapekkhi untuk merealisasikannya dan memberikan edukasi kopi kepada petani termasuk pelatihan kewirausahaannya agar petani itu bukan hanya bisa menjual hasil tanaman kopinya saja tapi juga bisa membuka usaha,” tandas Nana.

Ia menyebut untuk saat ini terdata sekitar 160 petani kopi yang akan diikutkan dalam pelatihan kewirausahaan tersebut. Selama ini BBPPK menggelar pelatihan dan penerapan model wirausaha; menjadi inkubasi bisnis dan memberi konsultasi pendampingan wirausaha di berbagai bidang, termasuk dengan petani kopi mulai tahun ini.

“Kita berharap dari pelatihan kewirausahaan di bidang kopi ini makin menggairahkan semangat para petani kopi dan bisa menumbuhkan minat untuk menjadi petani kopi, khususnya kepada generasi muda yang kurang berminat untuk menjadi petani kopi,” ucap Nana. [iwa]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI