Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale KBBBupati Abubakar Minta Warganya Urungkan Niat Jual Ginjal

Bupati Abubakar Minta Warganya Urungkan Niat Jual Ginjal

Bupati Bandung Barat Abubakar
Bupati Bandung Barat Abubakar

NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar mengaku telah mendengan rencana Ny Mira (26), warga Desa Cangkorah RT 01/RW 08 Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang berniat menjual ginjalnya untuk biaya pengobatan suaminya.

Bupati meminta agar Mira mengurungkan niatnya itu. Abubakar menegaskan Pemkab Bandung Barat akan menjamin penuh seluruh biaya pengobatan suaminya, Ajid (33), yang mengalami luka bakar di seluruh tubuhnya akibat tersengat listrik.

“Pemkab Bandung Barat akan menjamin biaya pengobatan Ajid. Jadi, istrinya tidak harus menjual ginjalnya,” tandas Abubakar kepada wartawan, Senin (11/4/16).

Abu menjelaskan sebenarnya Ajid tercatat sebagai pemegang kartu jaminan kesehatan daerah (jamkesda). Namun karena khawatir jika menggunakan jamkesda pengobatannya tidak maksimal, akhirnya fasilitas itu tidak digunakan.

Padahal untuk kasus-kasus tertentu, dirinya sebagai bupati bisa memberi mandat kepada pihak rumah sakit agar tidak lagi menghitung pembiayaan pasien tersebut. “Artinya kami bisa memberikan mandat pembiayaan yang tidak terbatas kepada si pasien,” sambungnya.

Karena untuk diketahui, bagi penanganan pasien pemegang kartu jamkesda, Pemkab Bandung Barat sudah menjalin kerjasama dengan 10 rumah sakit, yaitu RSUD Cililin, RSU Dustira, RSU Cibabat, RSUD Lembang, RSUD Soreang, RS Rotinsulu, RSHS, Rumah Sakit Mata Cicendo, RS Jiwa Jawa Barat, dan Balai Besar Paru. “Jadi kalau harus dirujuk ke RSHS kami siap untuk memfasilitasnya,” pungkasnya.

Seperti diketahui saat in Ajid yang berprofesi buruh bangunan terbaring lemah di ruang rawat inap gedung E lantai 2 RSUD Cibabat, Kota Cimahi. Dia harus dirujuk ke RSHS Bandung untuk pengobatan lebih lanjut. Tapi untuk bisa keluar dari RSUD Cibabat dia harus membayar biaya pengobatan Rp 25 juta. Hal itu yang mendorong istrinya, Mira, untuk menjual ginjalnya demi membayar biaya pengobatan itu. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI