Bale JabarOlahraga

Duet Pelatih Juara Kalsel Minta Sepakbola CP Terus Dikembangkan

Tim juara Kalsel setelah memperoleh medali emas dari Menpora Imam Nahrawi dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Lapangan Progresif, Jl Soekarno Hatta, Bandung, Minggu (23/10). by MCPeparnas
Tim juara Kalsel setelah memperoleh medali emas dari Menpora Imam Nahrawi dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Lapangan Progresif, Jl Soekarno Hatta, Bandung, Minggu (23/10). by MCPeparnas

BANDUNG – Duet pelatih tim juara Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV Jawa Barat, Sarno dan Berni Munkar berharap sepakbola celebral palsy (CP) bisa terus dikembangkan.┬áMenurut mereka, semua daerah harus terus mensosialisasikan cabang olahraga ini karena potensi di banyak daerah kuat.

“Kami juga berharap NPCI (National Paralympic Comittee Indonesia) mau membuat pengurus sepakbola CP di banyak daerah agar lebih enak mengembangkannya,” kata Sarno di Lapangan Progresif, Kota Bandung, di sela pertandingan Peparnas XV.

Menurut mereka, hal ini juga penting karena paralimpian sepakbola CP sebenarnya tidak berbeda dengan umumnya. Mereka punya kemampuan dan kelebihan yang harus ditunjukan melalui ajangnya seperti Peparnas ini.

Sedikit perbedaan, kata Sarno, lebih kepada kehati-hatian. Kalau atlet biasa, ada gerakan lari secepatnya lalu berbalik itu tidak apa-apa. Tapi lain halnya dengan pesepakbola CP, resiko cedera misal pada organ tubuh yang terbatas harus diperhitungkan betul sang pelatih.

“Kalo orang Jawa bilang kan geregetan kalo melatih sepak bola, artinya kalo atlet normal nggak terlalu ribet. Kalo ini harus ada tahapan-tahapan karena kemampuan mereka terbatas. Jadi perlu kesabaran saja,” ungkapnya.

Menurut dia, sokongan Pemprov Kalsel yang luar biasa (mulai memfasilitasi latihan, berangkat, hingga bertanding), sudah seharusnya ditiru pemda lain seluruh Indonesia. Agar kesetaraan terus tercipta di tanah air. by AFN

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close