Bale Jabar

Formas Japri Tolak Referendum Papua

BANDUNG, Balebandung.com –┬áBerbagai elemen masyarakat di Jawa Barat kembali melakukan aksi solidaritas untuk Papua di depan Gedung Sate, Senin (2/9/19). Dalam aksinya, ratusan massa dari Forum Masyarakat Jabar dan Papua untuk NKRI (Formas Japri) mendesak agar segala bentuk kekerasan dari Sabang sampai Marauke, khususnya di Tanah Papua. Apalagi, Papua adalah bagian dari NKRI yang sudah menjadi harga mati.

Koordinator aksi Hendra Guntara mengatakan, bangsa ini harus bersatu untuk melawan semua bentuk perpecahan. Ia meminta seluruh pihak mewaspadai provokasi dengan isu SARA dan HAM di Tanah Papua untuk kepentingan asing.

“Saya menduga ada oknum yang sengaja membuat perpecahan ini, untuk menguasai Papua karena potensi sumber daya alamnya,” ujar Hendra di sela aksi.

Menurut Hendra, aksi ini akan terus berlanjut. Bahkan, pihaknya, akan langsung menemui mahasiswa Papua pada sejumlah kampus di Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung untuk memberikan pencerahan terkait keutuhan NKRI.

“Kami menerima informasi yang mengatakan adanya intimidasi kepada mahasiswa Papua yang tidak ikut aksi solidaritas, nanti kami akan road show keliling kampus,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Jabar asal Papua Dolphin turut berorasi. Dia tidak setuju bilamana Papua harus memisahkan diri dari pangkuan Ibu Pertiwi. Karena itu, dia menolak referendum.

“Kami cinta Papua, kami cinta Jawa Barat. Indonesia adalah dari Sabang sampai Merauke,” tandasnya.

Dolphin menegaskan, tidak rela bilamana Papua yang sudah 74 tahun menjadi bagian dari NKRI harus berpisah.
“NKRI harga mati, tidak akan kami berikan Papua kepada oknum asing yang berkepentingan,” pungkasnya.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close