Bale Kab Bandung

Gerakan Hejo Serahkan ‘Temuan’ Kukang Jawa ke BKSDA Jabar

CIMENYAN, Balebandung.com – Gerakan Hejo Jawa Barat menyerahkan satwa dilindungi Kukang Jawa (Nycticebus Javanicus) ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA Jabar. Penyerahan dilakuan Ketua Gerakan Hejo Jabar Eka Santosa kepada Toni Setiana, Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Jabar, di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Sabtu (22/6/19).

Toni mengucapkan terima kasih kepada Gerakan Hejo atas prakarsa pengembalian Kukang Jawa ke habitatnya. “Hewan yang memang sudah termasuk dilindungi ini akan kami lepas-liarkan setelah kami amati beberapa saat di tempat kami,” jelas Toni. Menurutnya Kukang Jawa memang habitatnya di daerah Bandung Utara.

“Unsur reaksi keliaran dari Kukang Jawa yang masih berusia remaja ini masih tampak kuat. Saya pastikan hewan ini berasal dari daerah sini (Pasir Impun). Tentu ia akan senang tinggal di hutan Alam Santosa yang rimbun ini,” ungkap Toni.

Kendati begitu pihaknya menilai jika kukang itu dilepasliarkan di Alam Santosa, akan rawan gangguan tangan-tangan jahil. Apalgi Kukang Jawa dikenal gerakannya sangat lamban.

Ketua Gerakan Hejo Jabar Eka Santosa menyatakan kukang tersebut diduga ‘nyasar’ empat hari lalu ke hutan Alam Santosa seluas 3 hektar lebih yang kini sudah cukup lebat sejak ditanam pada era tahun 2000.

“Memang sejak hutan Alam Santosa tumbuh dalam beberapa tahun belakangan ini, seiring itu aneka burung liar pun sudah bersarang di sini. Bahkan, ada elang hitam yang selalu kami lihat. Begitu pun luwak pernah kami temukan beberapa ekor anaknya. Setelah dibesarkan, lalu kami lepas-liarkan di daerah ini,” jelas Eka.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close